Cakupan Semesta dan Pelayanan Prima kepada Peserta JKN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Cakupan Semesta dan Pelayanan Prima kepada Peserta JKN

Cakupan Semesta dan Pelayanan Prima kepada Peserta JKN
Foto Cakupan Semesta dan Pelayanan Prima kepada Peserta JKN

TERIMA kasih atas atensi Bapak Hamdani terhadap program JKN (termasuk JKA/JKRA) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, melalui tulisan surat pembaca (Droe Keu Droe) berjudul “BPJS Akan Permudah Layanan?” (Serambi, 27/7/2017). Dalam upaya mewujudkan Universal Health Coverage, BPJS Kesehatan memerlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, di antaranya dengan pemerintah daerah, termasuk Aceh.

Dalam hal penyesuaian pada program JKRA yang diusung Gubernur Irwandi Yusuf melalui program JKA Plus, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk ikut mendukung gagasan penyederhanaan prosedur bagi pasien peserta JKRA dan terlibat dalam tim task force yang dibentuk Pemerintah Aceh sesuai dengan SK Gubernur Aceh.

Kerjasama BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Aceh didasari semangat untuk mewujudkan Universal Health Coverage, dalam arti sasaran utama yang ingin dicapai adalah jumlah peserta JKN-KIS yang mencakup seluruh penduduk Indonesia.

Tercapainya sasaran ini lebih utama daripada potensi iuran yang dikumpulkan BPJS Kesehatan dari program JKRA, yang mana sejak 2014 sampai dengan pelaksanaan program JKRA 2016 lalu, pengeluaran untuk pembiayaan pelayanan kesehatan baik di Faskes Tingkat Pertama maupun tingkat lanjutan justru melampaui iuran yang dikumpulkan.

BPJS Kesehatan berkomitmen mengedepankan kepentingan peserta dengan prinsip pelayanan prima kepada seluruh peserta JKN-KIS. Semoga ikhtiar BPJS Kesehatan untuk mewujudkan cakupan semesta peserta JKN pada 1 Januari 2019, senantiasa mendapat dukungan dari pemerintah, pemangku kepentingan lainnya dan seluruh masyarakat Indonesia. Salam sehat, salam JKN!

dr. Sari Quratul Ainy, AAK
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh. (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id