Masyarakat Aceh Galang Dana Rp 546 Juta Bangun RS Kontainer di Pijay | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Masyarakat Aceh Galang Dana Rp 546 Juta Bangun RS Kontainer di Pijay

Masyarakat Aceh Galang Dana Rp 546 Juta Bangun RS Kontainer di Pijay
Foto Masyarakat Aceh Galang Dana Rp 546 Juta Bangun RS Kontainer di Pijay

URI.co.id – BANDA ACEH — Gempa bumi yang menimpa Pidie Jaya (Pijay) pada 7 Desember 2016 lalu menyisakan luka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Aceh. Hampir seluruh lapisan masyarakat pun tergerak untuk bahu-membahu membangun kembali Pijay.

Salah satunya melalui penggalangan dana yang dihibahkan untuk pembangunan Rumah Sakit Kontainer yang diresmikan melalui Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) pada Senin (7/8/2017).

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng menyerahkan secara resmi Rumah Sakit (RS) Kontainer kepada Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya yang diterima oleh Bupati Aiyub Abbas. Penyerahan tersebut berlangsung di halaman RS Kontainer Pijay.

Menurut Prof Samsul, penggalangan dana yang mencapai Rp 546 juta tersebut berasal dari berbagai pihak dan dialokasikan sepenuhnya untuk pembangunan RS Kontainer.

Selain itu RS Kontainer ini juga dapat dibangun atas Prakarsa Bersama Unsyiah, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Jakarta, Banda Aceh, dan Pijay bersama Pemkab Pijay.

Orang nomor satu di Unsyiah tersebut menjelaskan pembangunan RS Kontainer ini merupakan salah satu dari enam program prioritas jangka panjang dari Unsyiah untuk Pijay pasca gempa pada Desember silam.

Sementara lima program lainnya yakni pendampingan proses pembangunan fisik bangunan dan infrastruktur, memetakan patahan aktif di Aceh, membantu pemulihan bidang pendidikan melalui KKN Tematik, menginisiasi Rumoh Pembelajaran Gempa, serta penyusunan naskah akademik Qanun Pendidikan Kebencanaan di Aceh.

“Unsyiah dengan sumber daya yang ada akan terus berkontribusi dalam membantu pemulihan jangka panjang di Pijay, khususnya melalui impelementasi keenam program prioritas yang telah dirumuskan,” pugkas Prof Samsul. (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id