8 Kampung KB Tingkat Kecamatan Dicanangkan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

8 Kampung KB Tingkat Kecamatan Dicanangkan

8 Kampung KB Tingkat Kecamatan Dicanangkan
Foto 8 Kampung KB Tingkat Kecamatan Dicanangkan

BANDA ACEH – Enam dari delapan Kampung Keluarga Berencana (KB) Tingkat Kecamatan di Aceh sudah dicanangkan. Satu kampung KB dicanangkan di Desa Daling, Kecamatan Bebesan, Aceh Tengah, Senin (7/8). Sementara lima Kampung KB lainnya dicanangkan di Kabupaten Aceh Tenggara pada 5 Juni 2017.

Sedangkan dua lagi akan dicanangkan di Gampong Lampoh Krueng, Kecamatan Kota Sigli, Pidie, Selasa (8/8) hari ini dan Gampong Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Kamis (10/8) mendatang.

Kedatangan tim Pencanangkan Kampung KB Madani Kencana ke Desa Daling, kemarin disambut adat Gayo. Tim tersebut antara lain terdiri atas Sekretaris Utama (Sektama) BKKBN RI, H Nofrijal SP MA, Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN RI, Ahmad Taufik SKom MAP, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Dr dr M Yani MKes PKK. Kedatangan tim dan rombongan diterima Sekretaris Reje Kampung Bebesen, Idrus bersama jajaran, tokoh adat setempat, Hasbullah, dan masyarakat. Sektama Nofrijal pun diselempangi kain Opoh Ulen Ulen (biasa digunakan untuk penghormatan pada tamu penting) dan ditepungtawari (peusijuek) oleh kaum ibu.

Nofrijal dalam sambutannya, menjelaskan pembentukan Kampung KB di Kecamatan Bebesen bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat. “Kenapa dinamakan kampung, kampung punya ciri khas tersendiri, karena kalau kampung rasa memilikinya sangat besar dan itu yang ingin kita kembangkan. Kampung punya rasa silaturahmi dan ini yang akan kita bangun dengan pembangunan keluarga, ingin membangun bagaimana peran keluarga itu,” papar Nofrijal.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Dr dr M Yani MKes PKK mengatakan, ada tiga pilar program KKBPK yaitu kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga. Menurutnya, KB berarti perencanaan keluarga sejahtrera, Maksudnya, kata Yani, penduduk tidak dikurangi kuantitasnya tapi ditingkatkan kualitasnya mulai dari perencanaan pernikahan serta merencanakan kelahiran mulai dari proses kehamilan, dan pengasuhan.

Menurut M Yani, pencanangan Kampung KB di Aceh Tengah kali ini sejak proses pembentukannya melibatkan mahasiswa KKN tematik. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan tersebut dapat menjadi inovasi strategis dalam penguatan program KKBPK, serta pembangunan sektor terkait di seluruh tingkatan wilayah, terutama sebagai suatu langkah implementasi kegiatan prioritas yang memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target atau sasaran program KKBPK. (rel/jal) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id