13.842 Calon Sipir Sudah Mendaftar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

13.842 Calon Sipir Sudah Mendaftar

13.842 Calon Sipir Sudah Mendaftar
Foto 13.842 Calon Sipir Sudah Mendaftar

BANDA ACEH – Sejak dibukanya pendaftaran secara online, 1 Agustus 2017 hingga kemarin, sudah 13.842 putra-putri lulusan SMA/sederajat di Aceh mendaftar melalui https://sscn.bkn.go.id. Mereka akan memperebutkan 583 posisi penjaga tahanan/napi (sipir) se-Aceh sesuai kuota Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Aceh, Banda Aceh.

Kakanwil Kemenkumham Aceh, A Yuspahruddin BH Bc IP MH, mengatakan dari jumlah itu, baru 75 berkas pelamar masuk ke Kanwil Kemenkumham Aceh melalui PO BOX 123. Karena itu, ia berharap peserta yang sudah berhasil mendaftar secara online, jika memang berkas administrasinya sudah lengkap agar segera mengirim melalui PO BOX 123.

“Foto copy ijazah tidak dilegalisir dulu pun tidak apa-apa, namun kalau sudah dilegalisir lebih bagus. Soalnya ijazah asli dan yang sudah dilegalisir, nanti akan diverifikasi kembali setelah peserta dinyatakan lulus administrasi. Verifikasi itu bersamaan tahapan pengukuran tinggi badan, jika tahapan ini sudah lulus, baru berhak ikut Tes Kompetensi Dasar (TKD) melalui Computer Assisted Test (CAT),” kata Yuspahruddin.

Didampingi Kadiv Administrasi, Zulkifli SH MH serta Kasubbag Kepegawaian dan TU, Hendri Rahman SKom, Yuspahruddin menyebutkan materi TKD melalui CAT, 25 September-3 Oktober 2017, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Karena itu, ia berharap calon peserta mempersiapkan diri dengan berlatih simulasi soal-soal tes CAT melalui internet atau membaca bank soal tes CPNS. “Proses seleksi ini tidak dipungut biaya apa pun dan diawasi Ombudsman dan Inspektorat Jenderal. Pelamar jangan percaya pihak-pihak atau oknum yang mengaku dapat meluluskan. Kelulusan sangat tergantung kemampuan pelamar masing-masing,” tegasnya.

Yuspahruddin berharap dalam sisa waktu pendaftaran secara online hingga 26 Agustus 2017, semua putra-putri Aceh yang berkesempatan untuk memanfaatkan peluang ini. “Saya berharap semua yang lulus putra-putri daerah ini, daripada lulus orang luar, nanti baru beberapa lama bertugas sudah minta pindah,” kata Yuspahruddin yang baru seminggu menjabat Kakanwil Kemenkumham Aceh.

Khusus untuk pelamar lulusan S1 yang kuota untuk Aceh 73 orang, Yuspahruddin menyebutkan seluruh tahapan seleksi akan dilakukan di Kemenkumham Hukum dan HAM Pusat. Pelamar diperlukan di Jakarta hanya dua kali, yakni saat TKD melalui CAT dan tes kemampuan bidang melalui wawancara. Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan CPNS ini bisa diakses di http://cpns.kemenkumham.go.id.

Kemarin , Yuspahruddin juga menjelaskan beberapa hal yang menurutnya banyak dipertanyakan calon pelamar selama ini, yakni jika belum memiliki KTP, dapat diganti surat keterangan sudah melakukan perekaman E-KTP dari Dinas Kependudukan. Setiap pelamar harus ada ijazah atau tak dapat digantikan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU).

“Adapun surat keterangan domisili hanya bagi pelamar yang KTP di luar Aceh. Untuk nilai ijazah dengan format puluhan dapat dikonversi (diubah) ke dalam format satuan, contoh jika nila rata-rata 75,4 dapat diinput 7,5 saja,” sebutnya. (sal) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id