Wagub Imbau Masyarakat Aceh Gunakan Pelat BL | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Wagub Imbau Masyarakat Aceh Gunakan Pelat BL

Wagub Imbau Masyarakat Aceh Gunakan Pelat BL
Foto Wagub Imbau Masyarakat Aceh Gunakan Pelat BL

BANDA ACEH – Wakil Gubernur Aceh (Wagub), Nova Iriansyah mengimbau seluruh masyrakat Aceh untuk tidak menggunakan pelat provinsi lain baik pada kendaraan roda empat atau pun roda dua. Bagi yang masih memakai pelat di luar Aceh, diharapkan segera mutasi ke pelat BL.

Wagub menyampaikan hal ini saat membuka Rakor Kasatlantas/ Kanitregident dan Kepala UPTD Kasie Pungutan se-Aceh di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Senin (7/8). Nova mengatakan, konversi ke pelat BL harus dilakukan, karena Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan merupakan sektor pendapatan paling besar untuk Aceh.

“PAD dari pajak kenderaan cukup besar. Tahun lalu saja, PAD Aceh dari PKB sekitar 328 miliar rupiah dan dari BBNKB mencapai 382 milyar rupiah,” kata Nova.

Penghasilan tersebut kata Nova masih belum begitu maksimal karena masih banyak masyarakat Aceh yang menunggak membayar pajak kendaraan dan masih ada ribuan kendaraan di Aceh yang masih menggunakan plat kendaraan dari Provinsi lain.

“Kita perlu meningkatkan upaya untuk mendorong masyarakat agar patuh membayar pajak kendaraannya, serta mengimbau warga Aceh yang masih menggunakan kendaraan dengan pelat provinsi lain agar mengubah ke pelat BL,” kata Nova.

Untuk mendorong masyarakat agar patuh membayar pajak kendaraan kata Nova, Pemerintah Aceh telah memberikan beberapa kemudahan, salah satunya dengan menerbitkan Pergub Nomor 23 dan 24 Tahun 2017 tentang pembebasan/ keringanan PKB dan BBN-KB yang tertunggak. Nova berharap masyarakat Aceh dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik agar semua kendaraan bermotor yang ada di Aceh mematuhi aturan pajak yang berlaku.

Rapat koordinasi tersebut turut menghadirkan beberapa narasumber antara lain dari Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, Tim Saber Pungli Aceh, Dirlantas Polda Aceh, Kepala BPKA, Kepala Cabang PT Jasa Raharja, Kemendagri dan Ombudsman Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), Jamaluddin, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, H Mulyadi Nurdin Lc MH, pejabat dari Polda Aceh, serta pejabat dari instansi lainnya. (dan) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id