Gempar Demo DPRK Bireuen | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gempar Demo DPRK Bireuen

Gempar Demo DPRK Bireuen
Foto Gempar Demo DPRK Bireuen

* Protes Hibah Mobil Mewah untuk Instansi Vertikal

BIREUEN – Puluhan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa, Pemuda, dan Rakyat (GEMPAR) Kabupaten Bireuen, menggelar demo di gedung DPRK Bireuen, Senin (7/8). Aksi damai itu sebagai bentuk protes mereka kepada Pemkab Bireuen yang telah menghibah empat mobil operasional mewah kepada empat instansi vertikal di kabupaten tersebut.

Dalam orasinya, para orator unjuk rasa yang terdiri dari Fauzan, Said, Aziz Alkhunzzar, serta Muazzinah Yacob, menuntut supaya empat instansi vertikal yang telah menerima hibah mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar Tahun 2017 dari Pemkab Bireuen agar mengembalikannya.

Said menyebutkan, meski secara aturan dimungkinkan hibah itu diberikan, namun secara kemanusiaan dan realitas yang ada di Kabupaten Bireuen, hibah tersebut tidak dilakukan jika pemerintah lebih peka dengan kondisi kehidupan masyarakat. “Seharusnya anggaran untuk membeli mobil mewah itu bisa digunakan untuk kepentingan rakyat, seperti membuat rumah bagi kaum duafa,” tukasnya.

Karena itu, mereka meminta agar DPRK Bireuen segera menyurati eksekutif dan empat pimpinan instansi vertikal di pusat, supaya segera menarik kembali hibah empat mobil mewah senilai lebih Rp 500 juta per unit itu. Pada kesempatan itu, pendemo juga mempertanyakan peran anggota DPRK Bireuen yang dinilai tak tahu malu karena mengesahkan anggaran untuk hibah tersebut.

Dikatakan Muazzinah, yang aneh ada pernyataan Ketua DPRK dan anggota Banggar di media yang justru menyebutkan mereka tidak tahu masalah hibah itu dibahas di Badan Anggaran (Banggar). “Di mana fungsi anggaran dan pengawasan dewan, sampai masalah hibah empat mobil itu tidak tahu, apa mereka di WC (toilet-red) saat pembahasan anggaran,” ucap Muazzinah Yacob mempertanyakan sikap dewan.

Seperi diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen menghibahkan empat unit mobil mewah untuk instansi vertikal di Bireuen. Mobil jenis Mitsubishi Pajero Sport Dakar Tahun 2017 itu diserahkan langsung Bupati Bireuen, H Ruslan M Daud ke pihak penerima yakni Kapolres Bireuen yang diterima AKBP Riza Yulianto SE SH, Dandim 0111/Bireuen diterima Letkol Arm Adekson, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bireuen diterima Fauzi SH MH, dan Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen yang diterima Mochammad Jefri SH MH.

Menanggapi pertanyaan dan orasi para demonstran di gedung DPRK Bireuen, Ketua DPRK Bireuen, Ridwan Muhammad mengatakan, hibah mobil mewah jenis Mitsubhisi Pajero Sport untuk empat instansi vertikal di Bireuen, dibahas di DPRK oleh Badan Anggaran (Banggar).

Didampingi Wakil Ketua DPRK Athaillah M Saleh, dan Muhammad Arif, serta sejumlah anggota dewan lainnya, Ridwan Muhammad menegaskan, hibah empat mobil itu sudah sesuai aturan Permendagri No 14 Tahun 2016, tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

“Jadi kami tegaskan, hibah empat unit mobil Pajero untuk Polres, Kodim, Kejaksaan Negeri, dan Pengadilan Negeri Bireuen itu, tidak melanggar dan sudah sesuai aturan,” tegas Ridwan Muhammad.(c38) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id