Pemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariah

Pemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariah
Foto Pemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariah

BANDA ACEH – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mengajak sejumlah bank di Banda Aceh untuk sama-sama membangun wisata syariah. Hal itu disampaikan Wali Kota Banda Aceh, H AmiPemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariahah Usman SE Ak MM dalam pertemuan dengan unsur perbankan, Senin (7/8) di Balai Kota.

Hadir pada acara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Ahmad Farid bersama perwakilan dari BRI, CIMB Niaga, BNI, BSM, Maybank, Bank Aceh, dan lainnya. Dalam pertemuan itu, AmiPemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariahah memaparkan sejumlah program kerja Pemerintah Kota Banda Aceh, seperti di sektor wisata, kebersihan dan keindahan kota. “Sektor wisata kita sangat menjual, terutama wisata Islami. Kami minta teman-teman dari Perbankan dapat mendukungnya,” ujarnya.

Menurut Amin, kalau Pemko dan perbankan dapat menggenjot sektor wisata di Banda Aceh, maka pergerakan ekonomi masyarakat akan bertumbuh. “Pengrajin, pelaku seni, hingga tukang becak akan merasakan dampak dari kemajuan wisata ini nantinya,” tambah wali kota.

Di antara program strategis itu, Amin mewacanakan akan membangun pusat zikir terbesar di Indonesia yang menjadi icon baru Kota Banda Aceh. Icon bernama Nurul Arafah Islamic Center berupa bangunan terapung itu terletak di Ulee Lheue, dan mampu menampung 20 ribu jamaah. “Pusat zikir terbesar ini akan menjadi daya tarik bagi wisata Islami,” ungkapnya.

Di hadapan pimpinan bank, Amin juga mengatakan akan membangun sejumlah tugu dan pintu gerbang di Banda Aceh. Pintu gerbang direncanakan akan dibangun di Simpang Dodik, Batoh, dan Lueng Bata sebagai bangunan yang menandakan tamu telah memasuki kota Banda Aceh. Pembangunan pintu gerbang dan tugu ditawarkan ke pihak perbankan.

Kepala Perwakilan BI Aceh, Ahmad Farid mewakili pihak perbankan menyambut positif program-program Wali Kota Banda Aceh. “Kami akan terus berupaya memberi kontribusi untuk pembangunan kota,” ujar Ahmad Farid. Sejumlah bank juga menyampaikan beberapa masukan kepada wali kota tentang pengembangan SDM pariwisata hingga pembangunan bioskop sebagai hiburan kawula muda.

Beberapa jam sebelumnya, AmiPemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariahah dan Wakilnya Zainal Arifin, juga menggelar pertemuan dengan para Keuchik di Balai Kota Banda Aceh. Banyak hal yang disampaikan para keuchik, mulai dari kendala pencairan dana desa, penegakan syari’at Islam di gampong, kebersihan, tapal batas, hingga penertiban.

Merespons hal itu, AmiPemko Ajak Perbankan Bangun Wisata Syariahah mengatakan, semua persoalan akan dicarikan solusi terbaik dengan mengedepankan kebersamaan dan kekompakan. “Intinya kebersamaan dan kekompakan kita kedepankan. Kalau ada yang benar-benar urgent, pihak gampong boleh menelepon saya langsung,” ujar Amin.(fit) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id