KMPA Minta Pemerintah Segera Tangani Kasus PT APL | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KMPA Minta Pemerintah Segera Tangani Kasus PT APL

KMPA Minta Pemerintah Segera Tangani Kasus PT APL
Foto KMPA Minta Pemerintah Segera Tangani Kasus PT APL

URI.co.id, BANDA ACEH – Ketua DPW Komite Mahasiswa Pemuda Aceh (KMPA) Kota Subulussalam, Raswanto Sagala menyesalkan sikap kesewenangan PT Asdal Prima Lestari (APL) dalam menyelesaikan kasus penyerobotan lahan dengan masyarakat.

Sehingga, kasus itu sudah menimbulkan kemarahan warga yang berujung pada pembakaran fasilitas perusahaan APL, Rabu(2/8/2017) lalu.

“Seharusnya, perusahaan mempertimbangkan kearifan lokal adat kampung setempat dengan mengadakan musyawarah dan mufakat untuk mencari solusi terbaik dalam penyelesaian sengketa lahan tersebut,” kata Raswanto Sagala.

Selain itu, Raswanto sangat menyayangkan sikap pemerintah yang sepertinya tidak mau tahu dengan sengketa lahan ini, padahal konflik antara perusahaan APL dengan masyarakat Sultan Daulat bukanlah yang pertama kali.

Tetapi sudah yang kesekian kalinya namun tidak adanya kebijakan atau langkah-langkah kongkrit dari pemerintah untuk meredam persoalan ini.

Raswanto mempertanyakan, ada apa? dan kenapa pemerintah diam saja dalam penyelesaian konflik itu.

Seharusnya, kata Raswanto, baik perusahaan maupun masyarakat perlu melibatkan seluruh pihak dan instansi terkait, khususnya pemerintah Kota Subulussalam untuk menangani kasus ini sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Raswanto yang juga pemuda Kecamatan Sultan Daulat itu menghimbau agar Pemerintah Kota Subulussalam dan Pemerintah Aceh lebih serius dalam menertibkan perusahaan yang tidak memiliki HGU ataupun persyaratan lain sesuai aturan mendirikan sebuah perusahaan.

“Memberikan tindakan lebih tegas bagi pemilik perusahaan yang sudah menggarap lahan perkebunan namun ditelantarkan begitu saja tanpa ada kontribusi bagi masyarakat malah menjadi bencana bagi warga sekitar, dan lebih baik dicabut perizinannya,” pinta Raswanto. (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id