Jadwal Pilkada Pijay Ditetapkan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jadwal Pilkada Pijay Ditetapkan

Jadwal Pilkada Pijay Ditetapkan
Foto Jadwal Pilkada Pijay Ditetapkan

* Pemungutan Suara 27 Juni 2018

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya menetapkan tahapan, program, dan jadwal pemilihan bupati, dan wakil bupati Pidie Jaya melalui rapat pleno KIP yang dihadiri komisioner KIP, Jumat (4/8) lalu. “Penetapan jadwal pilkada Pijay dengan Keputusan KIP Pidie Jaya nomor 17/Kpts/KIP-PJ/ tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Pidie Jaya,” kata Ketua KIP Pijay Musman kepada Serambi, Minggu (6/8).

Dalam keputusan tersebut ditetapkan jadwal masing-masing tahapan. Pembentukan penyelenggara pemilihan seperti PPK dan PPS dilaksanakan dalam rentang waktu 12 Oktober sampai 11 November 2017. KIP Pijay juga telah mengusul anggaran untuk pendanaan pilkada bupati dan wakil bupat sebesar Rp 28 milar. Dikatakan Musman, pihaknya telah bertemu Pemkab Pijay dua kali untuk membahas anggaran penyelengaraan pilkada. “Meskipun sudah dibahas, tapi hingga kini belum ada kejelasan anggarannya,” kata Musman. Namun demikian, pihak KIP telah menetapkan jadwal pilkada, mulai dari rekrutmen PPK hingga penghitungan suara yang sesuai dengan agenda pilkada serentak nasional.

Dalam menentukan jadwal pilkada, kata Musman, KIP Pijay mempedomani peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017, juga berpedoman pada UUPA Nomor 11 Tahun 20016. Beberapa aturan lain juga ikut menjadi rujukan, seperti UU Nomor 11 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, termasuk surat pemberitahuan Ketua DPRK Pidie Jaya mengenai masa berakhirnya kepemimpinan bupati Pijay periode 2014-2019.

Terkait dengan hari pencoblosan pada 27 Juni 2018, kata Musman, merupakan jadwal serentak secara nasional. Jadwal tersebut juga tercantum dalam PKPU Nomor 1 tahun 2017 tentang pilkada serentak di seluruh Indonesia. “Insya Allah siap kita sukseskan pilkada, tentu dengan bantuan semua pihak, termasuk dukungan dari sisi anggaran,” kata Ketua KIP Pidie Jaya ini.(sak) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id