Sabang Butuh Kapal Baru | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sabang Butuh Kapal Baru

Sabang Butuh Kapal Baru
Foto Sabang Butuh Kapal Baru

* KMP Tanjung Burang Rusak

BANDA ACEH – KMP Tanjung Burang yang selama ini melayani rute Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh-Pelabuhan Balohan Sabang sudah hampir dua bulan rusak. Sehingga pemerintah dan pihak pengelola diminta melakukan pergantian atau penambahan kapal baru, untuk melayani penumpang di rute tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IV, Asrizal H Asnawi kepada Serambi, Sabtu (5/8). Menurutnya, untuk mengantisipasi melonjaknya penumpang, solusinya adalah mendatangkan kapal baru sebagai pengganti KMP Tanjung Burang. Apalagi dalam sebulan ke depan akan memasuki libur Lebaran Idul Adha, biasanya momen itu akan terjadi lonjakan penumpang yang ingin berlibur ke Sabang.

Saat ini pelayaran kapal lambat ke Sabang hanya dilayani KMP BRR, sehingga dikhawatirkan jika sewaktu-waktu kapal tersebut mengalami kendala atau kerusakan, maka tidak ada kapal lagi melayani pelayaran ke Sabang. “Salah satu tujuan wisata Aceh yang dijual itu kan Sabang, maka infrastrukturnya seperti kapal juga harus disiapkan,” ujar Asrizal yang merupakan Ketua Fraksi PAN.

Ditegaskan, walaupun musim liburan maupun bukan, seharusnya pelayaran ke Sabang minimal dilayani dua kapal lambat, karena terkait juga dengan suplai kebutuhan logistik ke Pulau Weh. Ia mengingatkan, lonjakan penumpang ke Sabang jangan sampai mengganggu distribusi kebutuhan pokok warga.

“Karena semakin banyak wisatawan ke Sabang, maka kebutuhan pokok disana juga semakin besar, sementara mobil pengangkut sembako tidak bisa jalan, kalau hanya mengangkut orang saja mungkin bisa diatasi dengan kapal cepat, makanya kapal harus cukup,” ujarnya.

Ia meminta pemerintah provinsi rutin memantau pelayaran kapal ke Sabang, serta mengupayakan penambahan kapal. Sebenarnya penambahan kapal itu selaras dengan komitmen Presiden Jokowi dan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf yang ingin mengembangkan pariwisata. “Intinya Sabang butuh kapal baru,” tandasnya.

Sementara Kabid Perhubungan Laut Dishub Aceh, Faisal mengatakan info dari pihak ASDP, KMP Tanjung Burang masih rusak dan harus diangkat mesin. Sehingga masa perbaikannya diprediksi akan memakan waktu hingga September mendatang.

Bahkan Dishub Aceh dan DPRK Sabang sudah menemui pihak Kementerian Perhubungan dan PT ASDP pusat untuk meminta kapal pengganti KMP Tanjung Burang, mengingat liburan sudah dekat dan ada event Sabang Sail.

Namun, kata Faisal, pihak ASDP mengatakan jika saat ini mereka tidak memiliki kapal, karena semuanya sudah ada lintasan dan terikat kontrak subsidi dengan Kemenhub RI. “Jadi mereka minta waktu ke kita untuk mensimulasikan kira-kira kapal mana yang bisa dialihkan pelayarannya ke rute Sabang,” ujar Faisal.(mun) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id