Aceh Berdoa untuk Palestina | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Berdoa untuk Palestina

Aceh Berdoa untuk Palestina
Foto Aceh Berdoa untuk Palestina

BANDA ACEH – Masyarakat Aceh dari berbagai kalangan dan tingkatan usia, Minggu (6/8) memadati halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh berdoa untuk kebebasan rakyat Palestina dari belenggu zionis di tanah mereka sendiri. Senandung doa itu dipanjatkan dalam acara tablig akbar zikir dan doa bersama dari Aceh untuk Palestina.

Acara yang digagas lintas OKP dan ormas Islam Aceh itu dihadiri Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah beserta istrinya Dyah Erti Idawati, istri Gubernur Aceh Darwati A Gani, Wali Kota Banda Aceh AmiAceh Berdoa untuk Palestinaah Usman, para ketua dan pengurus ormas, ulama, dan tokoh masyarakat. Selain doa dan zikir, acara itu juga diisi tausiah dan orasi dari beberapa tokoh, pernyataan sikap, dan parade bersama.

Doa dan zikir bersama dipimpin Tgk Zamhuri Ramli Alfafiz. Di bawah langit mendung, masyarakat bermunajat dan memanjatkan doa kepada Ilahi Rabbi untuk kebebasan rakyat Palestina, semuanya berdoa untuk kebebasan Palestina dari penjajahan Israel. Tak sedikit peserta terlihat menitikkan air mata saat Tgk Zamhuri bermunajat merangkai muhasabah dengan kata-kata tentang kondisi Palestina.

“Ya Allah, berikan ampunkan kepada kami, ampunilah dosa-dosa kami. Selamatkan saudara-saudara kami di Palestina ya Allah, bebaskanlah mereka dari para zionis, ya Allah muliakanlah mereka, merdekakan saudara-saudara kami di sana,” panjat Tgk Zamhuri.

Sepanjang acara tablig akbar, kemarin, warga yang hadir tak henti-hentinya memekikkan takbir sambil mengepalkan tangan ke atas.

Amatan Serambi, masyarakat yang hadir dominan mengenakan seragam putih, mengikat bendera Palestina di kepala, sebagian dari mereka juga mengusung bendera Palestina dan bendera Indonesia.

Acara kemarin berlangsung tertib, hingga sesi terakhir. Masyarakat tampak antusias, meski hujan sempat turun, namun warga tak bergerak dari tempat duduknya.

Sekretaris Panitia, Teuku Farhan dalam sambutannya mengatakan, tablig akbar dari Aceh untuk Palestina itu digagas oleh sekitar 60 organisasi dalam beberapa waktu lalu. Acara itu dihelat berdasarkan kondisi Palestina selama ini, yang terus ditindas oleh Israel.

“Kondisi Palestina saat ini menggerakkan hati kita, semua kaum muslimin di seluruh dunia mengutuk tindakan Israel, mengecam aksi penutupan Masjid Al-Aqsa, masjid yang telah disebutkan oleh Allah dalam Alquran,” katanya.

Atas kondisi itu, lintas organisasi yang ada di Aceh duduk dan menggagas kegiatan tersebut. Dari hari ke hari sejak digagasnya rencana itu, ternyata dukungan yang datang makin hari makin besar. Bahkan Pemerintah Aceh juga mendukung penuh kegiatan tersebut, hingga mengeluarkan surat edaran ke kabupaten/kota untuk menggalang dana sebagai bentuk solidaritas masyarakat Aceh untuk Palestina. “Tentunya acara ini terlaksana berkat dukungan semua pihak, kami berterima kasih kepada semua santri dan masyarakat yang telah hadir hari ini,” pungkas Farhan.

Rp 109 juta lebih
Dalam tablig akbar kemarin, panitia berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 109.512.100.

Menurut salah seorang panitia acara, Teuku Zulkhairi, dana yang dikumpulkan itu nantinya akan disalurkan melalu Aksi Cepat Tanggap (ACT) ke Palestina. “Laporan realisasi bantuan via ACT bisa dilihat di fanspage Aksi Cepat Tanggap, laporannya update dari lapangan,” kata Zulkhairi. (dan) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id