Rektor UIN: Paradigma Berpikir Masyarakat Harus Ikut Berubah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rektor UIN: Paradigma Berpikir Masyarakat Harus Ikut Berubah

Rektor UIN: Paradigma Berpikir Masyarakat Harus Ikut Berubah
Foto Rektor UIN: Paradigma Berpikir Masyarakat Harus Ikut Berubah

REKTOR Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA mengatakan sebagai Bank Umum Syariah, Bank Aceh harus menjadi salah satu instrumen utama dalam memperkuat fundamental ekonomi syariah di Aceh.

Selain itu, di usianya yang sudah 44 tahun ini, juga diharapkan berperan lebih optimal dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat Aceh sesuai prinsip-prinsip muamalah yang berbasis syariah.

Menurut Farid, masyarakat memiliki peran yang strategis untuk mendorong tumbuhnya ekonomi syariah di Aceh. Sebagai End User seluruh komponen masyarakat Aceh harus ikut berperan aktif di garda depan dalam mendukung pelaksanaan praktik ekonomi syariah dengan cara harus mengubah paradigma berpikir (mindset) yang selama ini terus dalam praktik-praktik perbankan konvensional.

Ia mengajak semua masyarakat harus memulai membiasakan diri memahami secara utuh tentang perilaku dan konsep ekonomi syariah dalam tatanan kehidupan sehari-hari, baik permasalahan dalam konteks ekonomi syariah yang berorientasi bisnis (muamalah) maupun permasalahan dalam konteks ekonomi syariah yang berorientasi sosial. “Jadi kita harus bisa melihat secara mendalam substansi ekonomi syariah dalam berbagai dimensi sosial dan ekonomi,” ujarnya. (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id