Aceh Wajib Implementasikan Sistem Perbankan Syariah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Wajib Implementasikan Sistem Perbankan Syariah

Aceh Wajib Implementasikan Sistem Perbankan Syariah
Foto Aceh Wajib Implementasikan Sistem Perbankan Syariah

SEMENTARA itu, Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali menilai perlembangan perbankan syariah di Aceh masih kurang mengembirakan, seyogianya bank syariah di Aceh harus menjadi bank pilihan utama rakyat Aceh. Menurutnya, salah satu penyebab kurangnya perkembangan bank syariah di Aceh karena kurangya pemahaman konsep perbankan syariah.

“Masyarakat masih beranggapan bahwa sistem bank syariah sama dengan bank konvensional. Padahal pada dasarnya konsep bank syariah sangat berbeda dengan dengan bank konvensional,” ujarnya.

Karena itu, mengatakan di sinilah peran ulama dan cendikiawan untuk dapat mengedukasi serta memberikan pemahaman tentang konsep perbankan syariah. Hal ini sangat perlu dilakukan, sehingga seluruh elemen masyarakat mendukung serta berpartisipasi mendorong pertumbuhan sistem perbankan syariah di Aceh.

“Sangat ironis sekiranya masyarakat di wilayah yang menerapkan syariat Islam kurang mendukung pelaksanaan syariah di bidang muamalah, khususnya perbankan, masih banyak kita jumpai masyarakat yang bertransaksi dengan bank konvensional, padahal jaringan bank syariah sudah tersebar di seluruh wilayah Aceh seiring dengan berubahnya bank milik Pemeritah Aceh dari bank konvensional menjadi bank syariah,” kata pria yang akrab disapa Lem Faisal.

Ia mengharapkan sistem operasional syariah yang dilaksanakan Bank Aceh mampu memberikan sarana bagi para pelaku ekonomi di Aceh untuk dapat melakukan transaksi keuangan secara syariah yang menentramkan serta saling menguntungkan, sistem perbankan syariah sudah diakui dunia, bahkan banyak negara nonmuslim pun menerapkan sistem perbankan syariah.

Hal ini dikarenakan perbankan syariah menerapkan sistem ekonomi yang adil dan telah teruji mampu bertahan terhadap krisis ekonomi yang melanda beberapa perbankan konvensional di dunia. “Selain itu, kita juga berharap agar lembaga keuangan syariah (LKS) di Aceh dapat bersinergi dengan pemerintah dan lembaga lainnya dalam membangun sistEm ekonomi Islam yang berkeadilan,” harapnya.

Lem Faisal menambahkan MPU Aceh sangat mengharapkan bank dengan sistem syariah dapat menjadi pilihan utama masyarakat Aceh. Lebih dari itu, MPU Aceh juga sangat berharap operasional bank syariah harus sesuai aturan syariah berdasarkan fatwa-fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Pendapat Dewan Pengawas Syariah (DPS). “Kita juga mendorong agar ke depan seluruh bank yang beroperasi di Aceh wajib dengan sistem syariah,” tegasnya. (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id