M Adli Abdullah Raih Doktor di USM | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

M Adli Abdullah Raih Doktor di USM

M Adli Abdullah Raih Doktor di USM
Foto M Adli Abdullah Raih Doktor di USM

BANDA ACEH – Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, M Adli Abdullah SH MCL, Jumat (4/8) sore, berhasil mempertahankan disertasi berjudul The History of Tun Seri Lanang in the Kingdom of Aceh and His Role in Enforcing Adat Aceh (Sejarah Tun Seri Lanang dalam Kerajaan Aceh dan Peranannya dalam Adat Aceh) di hadapan empat orang dewan penguji dengan nilai kelulusan sangat memuaskan.

Ujian disertasi yang dibimbing oleh Prof Dr Azmin Arifin dan Prof Dr Abdurrahman Ismail itu berlangsung di Ruang Seminar Pusat Kajian Ilmu Kemanusiaan Universiti Sains Malaysia, Pulau Penang, Malaysia.

Adli tampil percaya diri ketika diminta mempresentasikan temuan-temuan dalam disertasinya. Menurut Adli, disertasinya itu berangkat dari simpang siurnya asal usul penamaan hukum adat oleh para sarjana Eropa.

Mantan Sekjen Panglima Laot Aceh ini mengungkapkan data yang mencengangkan. Menurutnya, pemahaman hukum adat selama ini tidak seluruhnya tepat. Hukum adat yang dipahami sekarang didasarkan pada pemikiran Eropa-sentris. Padahal, sebelum datangnya penjajah Eropa ke Nusantara di Aceh, Aceh telah memiliki sistem hukum sendiri yang terkodifikasi dalam kitab Ma bain as salatin (Adat Aceh) yang dipengaruhi oleh Konstitusi Turki.

“Nah, di sinilah salah satu peran Tun Seri Lanang dalam mengompilasikan informasi, sehingga lahirlah kitab tersebut,” ungkap Adli di depan dewan penguji, yang terdiri atas Prof Dr Ahmad Kamal bin Muhammad Rus (Univerisiti Malaya), Prof Dr Abu Talib bin Ahmad (USM), Dr Azmah binti Abdul Manaf (USM), dan Dr Salasiah Che Lah (USM).

Sidang tersebut juga dihadiri oleh kolega Adli dari Aceh, yakni Dr Teuku Muttaqin Mansur MH, teman-teman Aceh yang sedang menempuh studi di USM, serta turut disemangati oleh kedua putranya, Saidil Mukammil (14) dan Ikhwanul Kiram (13).(dik) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id