Tumpahan Minyak Bukan dari Pertamina | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tumpahan Minyak Bukan dari Pertamina

Tumpahan Minyak Bukan dari Pertamina
Foto Tumpahan Minyak Bukan dari Pertamina

MEULABOH – Organisasi Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Aceh menegaskan kasus tumpahan minyak di sepanjang ruas jalan nasional, Meulaboh, Aceh Barat, Jumat (4/8) lalu bukan dari mobil tangki PT Pertamina. “Dapat dipastikan bahwa tidak benar sumber tumpahan berasal dari mobil tangki Pertamina,” kata Sekretaris Hiswana Migas Aceh Mohd Amin Tjut Ali kepada Serambi kemarin.

Didampingi Ketua Bidang Transportir H Kamaruddin Jakfar, ia menegaskan apabila dilihat dari lokasi tumbahan minyak di jalan raya, arah tumpahan bukan jalur dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Depo Meulaboh, tetapi sebaliknya. Menurutnya, peristiwa tumpahnya minyak di atas badan jalan tersebut diperkirakan terjadi pagi hari, dimana semua unit mobil tangki Pertamina posisinya masih di TBBM Meulaboh dan belum ada yang beroperasi.

H Kamaruddin Jakfar juga menambahkan, mobil tangki Pertamina yang beroperasi sudah melewati pemeriksaan yang sangat ketat sesuai standar operasi yang diberlakukan, sehingga tidak mungkin bisa masuk ke TBBM jika ada tangki yang bocor. Melihat efek yang timbul dari tumpahan tersebut, dimana banyak pengendara motor yang terjatuh karena tergelincir akibat licin, maka patut diduga bahwa yang tumpah itu bukan jenis BBM solar.

“Efek seperti demikian hanya dapat disebabkan oleh tumpahan oli,” tambahnya. Seperti diberitakan Sabtu (5/8) puluhan pengendara sepeda motor yang melintasi ruas jalan nasional dari kawasan jembatan besi Meureubo hingga Simpang Swadaya, Meulaboh jatuh tergelincir akibat tumpahan solar di badan jalan. Pantauan Serambi sebagian warga yang melintasi jalan tersebut harus meningkatkan kewaspadaan karena sangat licin. Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho SIK mengatakan pihaknya tengah menyelidiki kasus itu.

“Kita belum tahu BBM yang tumpah ini milik siapa, masih kita selidiki,” ujar Teguh. Ia juga membenarkan akibat tumpahnya solar tersebut menyebabkan banyak pengguna jalan kecelakaan.

Sementara itu PT Pertamina juga membantah minyak yang tumpah di badan jalan nasional, Meulaboh, Aceh Barat bukan berasal dari mobil tangki perusahaan negara itu.

“Dengan ini kami sampaikan bahwa setelah kami melakukan pengecekan dan cross check ke Terminal BBM Meulaboh, Aceh, disampaikan bahwa, tidak ada mobil tangki Pertamina yang mengalami kebocoran atau kecelakaan pada Jumat 4 Agustus 2017,” ujar Fitri Erika, Area Manager Communication and Relation Peertamina Sumbagut kepada Serambi kemarin.

Dia sebutkan setiap hari TBBM Meulaboh melayani distribusi SPBU dengan 17 armada mobil tangki, dan keseluruhannya saat ini dalam kondisi baik, tidak ada mengalami kebocoran maupun kendala lain.(una) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id