Arzeti Bilbina: Aceh Selalu Bikin Kangen | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Arzeti Bilbina: Aceh Selalu Bikin Kangen

Arzeti Bilbina: Aceh Selalu Bikin Kangen
Foto Arzeti Bilbina: Aceh Selalu Bikin Kangen

BANDA ACEH – Aceh memberi kesan tersendiri bagi model sekaligus presenter, Arzeti Bilbina (42). Dalam kunjungan kerjanya selama tiga hari di Aceh, anggota Komisi X DPR RI itu sempat jalan-jalan di Banda Aceh. Kuliner, budaya, dan orang-orang yang mendiami provinsi di ujung barat Indonesia ini membuat Arzeti jatuh cinta dan selalu ingin kembali.

“Ini bukan kali pertama aku ke Aceh. Jadi seneng banget hari ini bisa seharian jalan-jalan. Kayaknya waktunya kurang, Banda Aceh aja belum habis didatangin,” ujar Arzeti sumringah kepada Serambi saat disambangi di Museum Tsunami Banda Aceh, Selasa (1/8) pekan lalu.

Peragawati senior yang memutuskan berhijab ini pun menceritakan pengalamannya berpetualang rasa, menjajal kuliner khas yang menggoda selera. Mengawali pagi dengan sarapan nasi uduk, sembari menyeruput kopi sanger dan penganan kue tradisional lainnya. Keharuman “si bubuk hitam” dengan racikan khas Aceh menjadi “ritual” wajib mengawali hari. Tak ketinggalan berburu “si raja buah” durian yang saat ini sedang berlimpah.

Aktris berdarah Minangkabau, Sumatera Barat, yang merambah menjadi politisi ini menjajal kuliner di Solong, satu warung kopi legendaris di kawasan Ulee Kareng, Banda Aceh.

Usai memanjakan lidah, Arzeti yang mengawali karier sebagai model ini melanjutkan pelesiran dengan berwisata religi. Menengok wajah baru Masjid Raya Baiturrahman di daerah berjuluk Serambi Mekkah. Aktris kelahiran Lampung, 4 September 1974 ini mengaku terharu dan merasakan kedamaian.

“Subhanallah ya, serasa berada di tanah suci. Cantik banget masjidnya, pengen lama-lama di dalamnya,” aku Arzeti.

Ya, keberadaan 12 payung elektrik yang menaungi pekarangan masjid yang sudah ada sejak Aceh masih berbentuk kerajaan tersebut, memang menjadi magnet baru wisatawan. Renovasi infrastruktur yang di-launching April lalu oleh Wakil Presiden H Jusuf Kalla tersebut membuat Banda Aceh tampil makin berseri.

Beranjak dari Masjid Raya Baiturrahman yang menjadi icon kebanggan masyarakat Aceh itu, Arzeti yang didampingi ibu-ibu anggota DPRA mengunjungi Museum Tsunami. Destinasi “wajib” bagi pelancong.

Di sini, istri Aditya Setiawan itu mengenang mahaduka yang meluluh-lantakkan Aceh pada pengujung 2004 silam. Melihat detil museum rancangan arsitek yang juga Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Ya, Museum Tsunami tak ubahnya laboratorium bencana yang mengawinkan konsep modern menyerupai kapal selam dengan kearifan lokal berupa rumah panggung.

“Trus yang paling aku suka dari Aceh itu, orang-orangnya. Ramah-ramah dan juga face-nya unik, karena mewakili masyarakat dunia. Lengkap deh,” imbuh aktris yang berasal dari Batusangkar, Sumatera Barat itu. (rul) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id