Dinkes Launcing Program Keluarga Sehat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dinkes Launcing Program Keluarga Sehat

Dinkes Launcing Program Keluarga Sehat
Foto Dinkes Launcing Program Keluarga Sehat

* Peusangan Juara Memasak Menu Beragam

BIREUEN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bireuen, Kamis (3/8), meluncurkan (launching) kegiatan sosialisasi Keluarga Sehat (KS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) bertempat di aula Dinkes Bireuen, yang dihadiri kepala SKPK, seluruh camat, kepala Puskesmas, unsur Forkopimda, dan kalangan medis lainnya.

Launching program keluarga sehat dan pertemuan sosialisasi untuk persamaan persepsi tentang ‘Program Indonesia Sehat’ dengan pendekatan keluarga bagi petugas Puskesmas selaku pelaksana kegiatan dibuka Sekdakab Bireuen, Ir Zulkifli SP.

Kadiskes Bireuen, dr Amir Addani mengatakan, Bireuen serta Aceh Barat terpilih sebagai kabupaten untuk melakukan pendataan dan sosialisasi program Indonesia sehat. Inti program tersebut adalah petugas medis dari Puskesmas akan mendatangi setiap rumah penduduk melihat kondisi rumah, lingkungan, sanitasi, termasuk sirkulasi udara rumah tangga, sumur maupun MCK. Selain itu, petugas medis menanyakan kondisi kesehatan pemilik rumah secara keseluruhan didata dalam form resmi. “Usai pendataan, petugas akan menempel stiker sebagai tanda sudah dilakukan pendataan program keluarga sehat,” jelasnya.

Sekdakab Bireuen, Ir Zulkifli mengatakan, program tersebut sebagai salah satu langkah mendata berbagai permasalahan kesehatan di lingkungan masyarakat. Data lapangan menjadi bahan kajian sekaligus melahirkan berbagai program lainnya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Juara memasak
Sementara itu, sehari sebelumnya kaum ibu PKK Kecamatan Peusangan keluar sebagai juara pertama lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang, dan aman, yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bireuen, Rabu (2/8), di halaman Pendapa Bupati Bireuen. Sedangkan juara kedua diraih PKK Simpang Mamplam dan juara ketiga PKK Kota Juang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bireuen, Ir M Jafar MM kepada Serambi, mengatakan, kegiatan lomba cipta menu yang digelar setiap tahun itu bertujuan untuk melahirkan inovasi baru dalam hal menu yang sehat, menu yang sederhana dan bergizi, serta menciptakan ketahanan pangan dengan membudayakan menu lokal yang layak dikonsumsi. “Kemudian mempertahankan menu makanan tradisional nonberas,” jelasnya. (yus) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id