Dana Desa Boleh untuk Rehab Rumah Dhuafa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dana Desa Boleh untuk Rehab Rumah Dhuafa

Dana Desa Boleh untuk Rehab Rumah Dhuafa
Foto Dana Desa Boleh untuk Rehab Rumah Dhuafa

BIREUEN – Bantuan dana desa yang bersumber dari APBN dibenarkan digunakan untuk melakukan perbaikan atau rehab rumah kaum dhuafa di desa masing-masing, asal berpedoman pada ketentuan dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/02/2017. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan, dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar SSTP, M Si kepada Serambi, Jumat (4/8).

Dijelaskan dia, Pemkab Bireuen segera akan mengedarkan surat edaran tentang dibolehkannya penggunaan dana desa untuk memperbaiki rumah warga miskin di masing-masing desa. “Surat edaran segera disampaikan ke masing-masing kecamatan dan desa, sebagai pedoman memanfaatkan dana bantuan desa untuk rehab rumah,” kata Bob Miswar.

Disebutkan dia, dalam surat edaran itu juga akan dijelaskan kriteria rumah yang boleh direhab, di antaranya adalah rumah keluarga miskin dengan kriteria kepala rumah tangga belum memiliki pendapatan tetap sebagai penghasilan keluarga.

Kemudian masih menerima bantuan subsidi berupa beras raskin atau zakat fitrah, memiliki tanah sendiri atau tanah wakaf dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala desa. “Sedangkan besaran dana untuk rehab rumah, kategori rehab ringan maksimal Rp 15 juta, rehab sedang Rp 15-25 juta, dan rehab berat Rp 25-35 juta,” sebutnya.(yus) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id