Gaji Ke-13 Cair | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gaji Ke-13 Cair

Gaji Ke-13 Cair
Foto Gaji Ke-13 Cair

LHOKSUKON – Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Utara sejak Kamis (3/8) hingga Jumat (4/8) kemarin, sudah mencairkan gaji ke-13 bagi 10.300 pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara. Dana yang dibutuhkan untuk membayar gaji ke-13 tersebut mencapai Rp 41 miliar lebih.

Kepala BPKD Aceh Utara, M Nasir kepada Serambi, kemarin, memastikan, semua PNS di lingkungan Pemkab Aceh Utara sudah menerima gaji ke-13 tersebut paling telat pada Jumat (4/8) kemarin. “Gaji ke-13 ini sudah mulai kita cairkan dan transfer ke rekening masing-masing PNS sejak Kamis kemarin. Saya pastikan, paling telat hari ini (Jumat (4/8)-red), semua pegawai sudah menerima gaji ke-13,” ujar M Nasir.

Kepala BPKD ini menambahkan, sumber dana untuk pembayaran gaji ke-13 tersebut berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditransfer Pemerintah Pusat ke rekening Pemkab Aceh Utara, plus tambahan dana dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). “DAU yang ditransfer Pemerintah Pusat untuk jatah gaji PNS bulan Agustus sebesar Rp 70,3 miliar. Dari jumlah itu, Rp 43 miliar lebih digunakan untuk membayar gaji bulan Agustus. Nah, sisa dari DAU tersebut itu kemudian dipakai untuk membayar gaji ke-13,” paparnya.

Namun begitu, sebut M Nasir, karena kebutuhan anggaran untuk gaji ke-13 mencapai Rp 41 miliar, sementara sisa DAU usai pembayaran gaji bulan Agustus hanya sekitar Rp 27 miliar, maka BPKD menggunakan PAD untuk menutupi kekurangan anggaran tersebut. “Jadi, untuk gaji ke-13 ini, selain kita gunakan sisa DAU, juga memakai Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuannya agar para PNS bisa menikmati gaji ke-13 pada awal Agustus seperti yang sudah kita sampaikan sebelumnya,” demikian M Nasir.(jaf) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id