Embung Program Prioritas Pemerintah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Embung Program Prioritas Pemerintah

Embung Program Prioritas Pemerintah
Foto Embung Program Prioritas Pemerintah

IDI- Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa RI meninjau pembangunan embung desa di sejumlah kecamatan di Aceh Timur. Embung sangat penting untuk meningkatkan produktivitas padi, apalagi sebagian sawah di Aceh Timur masih tadah hujan.

“Embung ini program prioritas pemerintah pusat, khususnya Kementerian Desa. Embung ini diharapkan dapat meningkatkan hasil panen padi dua sampai tiga kali setahun. Apalagi di Aceh Timur, “ kata Sekda. Dikatakan, terdapat 35 ribu hektare lahan sawah, tapi kebanyakan masih tadah hujan, sehingga produksi padinya terbatas. Karena itulah embung ini menjadi program prioritas pemerintah pusat,” ungkap Aditya Warman, Staf Kemendes RI, saat meninjau pembangunan embung di Gampong Ule Gajah, Kecamatan Idi Timur, Rabu (2/8).

Saat meninjau embung ini, staf Kemendes didampingi Kepala Bappeda Aceh Timur, Muspika Idi Timur, keuchik, dan masyarakat setempat.

Kepala Bappeda Aceh Timur Maimun mengatakan, embung atau waduk kecil berfungsi untuk menampung air, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah dan kebutuhan lainnya.

Aceh Timur, kata Maimun, berpotensi dibangun 170 embung. Saat ini, dari 170 target tersebut, sudah terbangun empat embung dari dana desa, dan 13 embung dari APBK.

“Harapan kita, sawah yang masih tadah hujan bisa dua kali menanam dalam setahun untuk mewujudkan swasembada pangan,” ungkap Maimun.

Kepala DPMG Aceh Timur Alfian mengatakan, tahun 2018 pemerintah pusat memprioritaskandana desa untuk pembangunan badan usaha milik desa (BumDes), embung desa, dan prasarana olahraga. “Harapan kita tahun 2018 semua keuchik harus menjalankan semua program prioritas pemerintah pusat ini menggunakan dana desa,” ungkapnya.

Agar keuchik mengetahui fungsi dan manfaat embung ini, pihak Kemendes RI pada Kamis (3/8) lalu mengadakan sosialisasi tentang pembangunan dan pemanfaatan embung di Aceh Timur, yang dihadiri oleh 110 keuchik dari 22 kecamatan. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Drs Zahri MAP di gedung Serbaguna Idi Rayeuk.(c49) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id