Jalan Rantau Seulamat Amblas | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jalan Rantau Seulamat Amblas

Jalan Rantau Seulamat Amblas
Foto Jalan Rantau Seulamat Amblas

* Baru Setahun Diaspal

LANGSA – Warga di Kecamatan Rantau Seulamat, Aceh Timur, khususnya warga Desa Bayeun dan Simpang Aneuh, mengaku sangat kecewa. Pasalnya, jalan yang diaspal akhir tahun 2016 lalu kini hancur kembali. Beberapa bagian badan jalan yang menghubungkan pusat kecamatan dengan beberapa desa itu amblas saat sebuah truk pengangkut material batu melintasi kawasan itu.

Informasi dari warga, kemarin truk pengangkut material yang melintasi jalur yang dilalui warga beberapa desa di kawasan itu tersangkut ban akibat amblasnya aspal jalan. Diduga sebelumnya tidak dilakukan pemadatan, sehingga begitu mendapatkan tekanan di atasnya langsung amblas.

Diperkirakan, kepadatan tanah dasar jalan Desa Bayeun – Desa Simpang Aneuh ini tidak dilakukan sesuai ketentuan gambar atau spek perencanaan. Kalaupun ada, perencanaan awal pihak dinas terkait asal jadi. Karena ini jalan kecamatan, mestinya harus dibangun berstandar jalan nasional yang tahan dilalui mobil apa pun.

“Warga di sini sangat kecewa, karena baru saja diaspal akhir tahun 2016 lalu. Kami sudah sangat lama mendambakan jalan aspal,” ujar seorang warga Desa Bayeun Abdulah, kepada Serambi, Jumat (4/8).

Dikatakan, pengaspalan jalan Desa Bayeun – Desa Simpang Aneuh itu menjadi sia-sia. Hanya untuk keuntungan rekanan maupun pihak lain. Seharusnya, kata dia, aspal jalan itu bertahan lama hingga puluhan tahun agar memudahkan warga melintasinya.

“Jika proses pengaspalan jalan ini bagus, tentunya jika dilalui mobil tidak ada persoalan. Namun kenyataannya sekarang berbeda. Saat dilalui truk dengan muatan normal saja hari ini, beberapa titik jalan langsung amblas,” sebutnya.

Kerusakan jalan yang baru teraspal itu dilaporkan warga terjadi di berapa titik, meliputi di bagian bukit pertama jalan Desa Bayeun, lalu bukit kuburan cina, dan puluhan meter ke depannya. Jalan itu rusak saat dilintasi truk yang mengangkut materi beskos.

Material beskos ini akan dibawa untuk proses pengaspalan jalan Desa Simpang Aneuh, yang tahun ini dianggarkan melalui APBK Aceh Timur sepanjang satu kilometer. Pengaspalan Jalan Desa Simpang Aneuh ini adalah lanjutan (sambungan-red) pengaspalan Jalan Desa Bayeun yang rusak dibangun tahun 2016 lalu itu.

“Kami berharap kepada rekanan yang mengerjalan pengaspalan jalan Desa Simpang Aneuh ini untuk mengerjakannya dengan baik, agar tidak cepat rusak seperti jalan yang selesai dibangun tahun 2016 lalu,” imbuh warga setempat.(zb) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id