Ghazali Abbas: Kita tidak Ingin Menggusur Pimpinan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ghazali Abbas: Kita tidak Ingin Menggusur Pimpinan

Foto Ghazali Abbas: Kita tidak Ingin Menggusur Pimpinan

BANDA ACEH – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Aceh Ghazali Abas Adan mengatakan bahwa pemangkasan masa jabatan pimpinan DPD agar pimpinan bisa bekerja lebih maksimal. Dia menilai, selama DPD dipimpin oleh Irman Gusman, lembaga tersebut terlihat kurang berfungsi.

Hal itu disampaikannya kepada Serambi, Sabtu (19/3), menanggapi penyebab terjadinya kekisruhan di DPD saat rapat paripurna draf tata tertib (tatib) soal pemangkasan masa jabatan pimpinan pada Kamis (17/3) dan pernyataan mantan pimpinan DPD, Laode Ida yang meminta agar DPD dibubarkan.

“Kita tidak ingin mengusur Irman, itu hanya semangat pembelajaran kepada pimpinan,” katanya.

Dia menjelaskan, apabila masa jabatan pimpinan berlaku sampai lima tahun, pimpinan bisa berbuat semaunya tanpa bisa diganti. Tapi, jika masa kepemimpinan dipangkas menjadi 2,5 tahun, maka pimpinan akan melakukan instropeksi diri dan memperbaiki kinerjanya agar bisa dipilih lagi oleh anggota.

“Itu pembelajaran sebenarnya. Kalau mau dipilih lagi, bekerjalah dengan baik sebagai pimpinan. Tapi selama ini dia (Irman Gusman) cukup bangga ketika bersama Jokowi. Sehingga DPD selaku wakil daerah kurang berfungsi selama dia jadi pimpinan,” ujarnya.

Dengan adanya pemangkasan tersebut, katanya, gaya flamboyan pimpinan DPD bisa diubah. “Kita tidak ada iri dengan posisi pimpinan. Kalau pimpinan kelebihan fasilitas itu dimana-mana sama. Bukan masalah iri dari teman-teman, tapi pembelajaran buat ketua agar kemudian bisa dipilih lagi,” tambahnya.

Jika pun ada pihak yang mengusulkan agar DPD dibubarkan, menurut Ghazali itu hanya sikap emosional saja. Menurut Ghazali, tatib tersebut nantinya akan berlaku untuk semua pimpinan, termasuk para pimpinan alat kelengkapan dewan. Bahkan pihaknya tidak berniat menghalangi seseorang menjadi pimpinan DPD.

“Semangat kita hanya pembelajaran bagi Irman agar jelas pro rakyat ke depan. Bukan memimpin DPD cukup bisa bersama presiden dan menghadiri acara partai, bukan itu. Tapi itu yang dia tonjolkan selama ini,” pungkasnya.(mas) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id