Mahasiswa Unsyiah Berhasil Ciptakan Asam Sunti Menjadi Bubuk | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mahasiswa Unsyiah Berhasil Ciptakan Asam Sunti Menjadi Bubuk

Mahasiswa Unsyiah Berhasil Ciptakan Asam Sunti Menjadi Bubuk
Foto Mahasiswa Unsyiah Berhasil Ciptakan Asam Sunti Menjadi Bubuk

URI.co.id, BANDA ACEH — Asam sunti merupakan bumbu makanan yang digunakan oleh orang Aceh. Bentuk asam sunti yang biasanya pipih, kenyal dan berwarna.

Kini mahasiswa teknik kimia membuat asam sunti dengan bentuk bubuk menggunakan alat tray dryer dan spray dryer.

Penelitian ini diketuai oleh Fivan Afdha Pramesthy dan empat orang anggota Fahliza Meutia, Adela Rinaldi, Siti Maysarah Siregar dan Winda Lestari di bawah bimbingan Dr Sri Mulyati ST MT.

Asam sunti bubuk ini dibuat untuk meningkatkan nilai estetika dari asam sunti itu sendiri. Asam sunti bubuk akan memudahkan masyarakat untuk membawanya kemana saja karena akan menambahkan umur simpan dari asam sunti tersebut.

Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dan dibiayi oleh dikretorat jendrat pendidikan tinggi (dikti) melalui program kreativitas mahasiswa (pkm) bidang penelitian eksakta.

“Asam sunti bubuk ini akan mempermudah masyarakat untuk membawanya karena lebih praktis. Asam sunti bubuk juga memiliki umur penyimpanan yang lebih lama,” ujar anggota peneliti, Fahliza Meutia kepada URI.co.id, Jumat (4/8/2017).

Dikatakan, asam sunti bubuk ini dilakukan dengan pengeringan tray dryer dan spray dryer dan dilakukan selama 3 bulan untuk mendapatkan asam sunti bubuk ini. 

Ia berharap dengan adanya asam sunti bubuk ini membantu masyarakat Aceh yang ingin berpergian jauh seperti naik haji untuk tetap membawa asam sunti.

PKM yang diketuai oleh Fivan Afdha ini akan diberangkat ke Makasar pada tanggal 23-28 Agustus 2017 untuk bersaing dalam event Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke 30. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id