Aceh Besar Jajaki Investasi Pertanian | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Besar Jajaki Investasi Pertanian

Aceh Besar Jajaki Investasi Pertanian
Foto Aceh Besar Jajaki Investasi Pertanian

JANTHO – Pemkab Aceh Besar sedang menjajaki realisasi investasi bidang pertanian dan peternakan di kabupaten tersebut. Pembicaraan awal dengan investor sudah dilakukan dan akan terus dijajaki.

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali kepada Serambi, Kamis (3/8), usai menghadiri talkshow di Studio Kompas TV Aceh, Gedung Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang, Pagar Air, Aceh Besar.

Dijelaskan, untuk bidang pertanian investor asal Lampung sudah menjajaki membuka lahan perkebunan tebu di Lamteuba hingga Lampanah Leungah. Tak hanya kebun, rencananya investor itu juga berencana membuka pabrik gula di lokasi tersebut.

“Rencananya mereka akan berinvestasi dalam jumlah besar dan lahan yang dibutuhkan mencapai 10 ribu hektare. Mereka tertarik di lokasi itu karena akses menuju pelabuhan sangat dekat,” ujar bupati.

Selain bidang pertanian, ada juga investor nasional asal Jakarta yang menjajaki membuka peternakan sapi di Aceh Besar. Lokasi lahan yang dilirik yaitu kawasan pegunungan Blang Bintang, serta kawasan Lamtamot, Lembah Seulawah.

Menurut Mawardi, Aceh Besar memang sangat potensial untuk investasi peternakan, karena ketersedian rumput yang memadai serta pasar ternak. Aceh merupakan pasar besar bagi peternak, sebab di Tanah Rencong ada tradisi meugang, maulid, kurban, dan beberapa kenduri lainnya.

Namun, kata bupati, untuk investor peternakan mereka membatasi agar hasil produksinya tidak jual ke pasar rakyat atau pasar lokal, karena dapat menganggu peternak kecil. Sehingga investor harus melirik pasar ekspor atau luar Aceh.(mun) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id