Kajari: Haji Zainal tak Indahkan Panggilan Jaksa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kajari: Haji Zainal tak Indahkan Panggilan Jaksa

Kajari: Haji Zainal tak Indahkan Panggilan Jaksa
Foto Kajari: Haji Zainal tak Indahkan Panggilan Jaksa

TAPAKTUAN – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Selatan, Munif MH yang dikonfirmasi Serambi melalui Kasi intel Ridwan Gaos N SH, Kamis (3/8) mengatakan, penjeputan paksa H Zainal bin Ismail, warga Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, dikarenakan yang bersangkutan tidak mengindahkan surat pemanggilan jaksa terkait pustusan pengadilan yang sudah memvonis yang bersangkutan dengan hukuman satu tahun penjara.

Untuk diketahui, H Zainal oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tapaktuan yang diketuai Syafrijal SH dan dua hakim anggota, Zulkarnain MH dan Muammar Maulis Khadafi SH pada sidang pamungkas pada Senin (25/10) dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyerobotan lahan milik PT Asdal Prima Lestari di Gampong Kapa Sesak, Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan. Majelis hakim menjatuhinya hukuman satu tahun penjara.

“Benar, tadi malam kami melakukan upaya eksekusi. Namun, dalam tiga menit Mapolsek Sultan Daulat terkepung. Lantaran jumlah personel terbatas, ya terpaksa kami lakukan diskusi dengan masyarakat dan kita ambil jalan tengah dengan kesepakatan terpidana harus datang dengan baik-baik. Penjemputan terpidana ini dikarenakan yang bersangkutan tidak mengindahkan surat pemanggilan dari jaksa,” ujar Ridwan Gaos.

Sebagaimana diberitakan, ratusan masyarakat Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam, mendatangi mapolsek setempat, Rabu (2/8) sekira pukul 20.00 WIB. Pengepungan ini merupakan buntut dari penangkapan H Zainal bin Ismail, tokoh masyarakat Desa Sigrun, selepas Isya oleh tim Kejari Tapaktuan. (tz) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id