Kapolres: Ini Kriminal | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kapolres: Ini Kriminal

Kapolres: Ini Kriminal
Foto Kapolres: Ini Kriminal

KEPALA Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Singkil, AKBP Ian Rizkian Milyardin SIK mengatakan akan segera memproses kasus kerusuhan massa yang berujung perusakan dan pembakaran fasilitas PT Asdal Prima Lestari di Desa Lae Langge, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

“Ini tetap akan kita proses secara hukum,” kata Kapolres Aceh Singkil, AKBP Ian Rizkian Milyardin SIK kepada Serambi di lokasi kejadian, Kamis (3/8).

Kapolres AKBP Ian Rizkian yang sejak malam kejadian sudah berada di lokasi PT Asdal mengatakan, kerusuhan menyebabkan sejumlah fasilitas, seperti truk pengangkut kelapa sawit, alat berat, gudang, kantor, dan barak karyawan dibakar dan dirusak.

Polisi pun kini sedang mengumpulkan informasi tentang pelaku yang terlibat dalam kasus perusakan dan pembakaran fasilitas perusahaan tersebut.

Dalam penanganan kasus ini, Kapolres Aceh Singkil mengaku berkoordinasi dengan Kapolres Aceh Selatan, mengingat areal PT Asdal mencakup hingga ke Aceh Selatan.

Untuk proses pengamanan, menurutnya, telah diturunkan tiga peleton aparat Brimob dan 50 personel Polres Aceh Singkil plus Aceh Selatan. Sejauh ini tak ada laporan korban luka secara fisik kecuali kerusakan material bangunan maupun fasilitas kendaraan dan alat berat.

Untuk proses lebih lanjut polisi mengaku masih mendalami dan mencari informasi. Polisi belum dapat memastikan kelompok masyarakat mana yang melakukan pembakaran serta perusakan aset-aset PT Asdal tersebut.

Pascarusuh kemarin, Kapolres AKBP Ian Rizkian menyatakan areal perkantoran PT Asdal sudah aman dan kondusif. “Kalau sekarang insya Allah kondisinya sudah aman. Areal ini dijaga oleh kepolisian sampai benar-benar aman,” ujar Kapolres.

Ia mengakui kerusuhan yang terjadi di PT Asdal sebagai buntut dari penangkapan seorang warga Desa Sigrun, Kecamatan Sultan Daulat oleh Kejari Aceh Selatan. Warga tersebut adalah H Zainal bin Ismail yang diduga menyerobot lahan PT Asdal. Sementara warga menganggapnya sosok yang baik dan dermawan.

Jangan terprovokasi
Kapolres Aceh Singkil itu mengimbau masyarakat Kota Subulussalam agar lebih bijak dalam menyikapi informasi apa pun yang beredar agar tidak menimbulkan permasalahan. Seperti kerusuhan yang terjadi di Sultan Daulat berujung pembakaran.

Menurut Kapolres, masyarakat sebaiknya lebih jeli menyaring informasi dan tidak mudah terprovokasi. “Selain itu warga jangan sampai menyebarkan informasi yang berbentuk provokasi,” demikian AKBP Ian Rizkian. (lid) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id