Jangan Pernah Bosan Membantu Palestina | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jangan Pernah Bosan Membantu Palestina

Jangan Pernah Bosan Membantu Palestina
Foto Jangan Pernah Bosan Membantu Palestina

Masyarakat Aceh, terutama yang berhimpun dalam 60 organisasi akan mendukung pergelaran ‘Tablig Akbar Aceh untuk Palestina’ dan penggalangan dana yang dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu (6/8). “Kegiatan ini dimulai dengan shalat Subuh berjamaah dan diisi orasi dari ulama dan akademisi,” kata Ketua Pelaksana, Muhammad Balia.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut Aksi tersebut merupakan wujud ukhuwah islamiyah dan solidaritas kemanusiaan masyarakat Aceh dalam menyikapi kondisi Palestina terkini.

Beberapa tahun lalu, Serambi Indonesia terlibat penggalangan dana dari masyarakat Aceh. Dan, dana yang terkumpul melalui program “Dompet untuk Palestina” sudah diserahkan untuk membantu pembangunan rumah sakit di Gaza yang kini mampu melayani 500-an pasien setiap harinya. “Kita tidak bisa berdiam diri membiarkan saudara-saudara kita di sana (Palestina) yang terus menerus dizalimi zionis Israel,” tegas Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar.

Ketua Perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Husaini Ismail mengatakan, Palestina harus selalu ada di hati rakyat Aceh dan umat Islam. ACT merupakan salah satu organisasi yang paling serius mengobarkan semangat masyarakat Aceh untuk terus memperhatikan nasib warga Palestina.

Perhatian muslim dunia dalam beberapa hari ini memang sedang tertuju ke penzaliman warga Palestina oleh militer Israel. Muslim Palestina sempat dilarang shalat di dalam Masjidil Aqsa, salah satu tempat paling suci bagi umat Islam dunia.

Dua pekan lalui, polisi Israel sempat tidak mengizinkan pria Muslim berusia kurang dari 50 tahun untuk masuk ke kompleks Masjidil Al-Aqsa, setelah dua polisi Israel ditembak tiga pria Arab beberapa waktu lalu. Polisi dan militer Israel juga memasang detektor logam di pintu-pintu masuk Masjid Aqsa.

Kedua tindakan itu dinilai warga Palestina sebagai hukuman kolektif yang merugikan umat Islam. Dan, karenanya dilancarkanlah aksi protes besar-besaran oleh warga Palestina hingga Israel mencabut ketentuan itu beberapa hari kemudian.

Namun, aksi itu menelan banyak korban terutama wanita dan anak-anak. Makanya, dunia pun diajak merespon dengan berbagai macam aksi. Salah satunya adalah mengirim doa dan sedekah bagi muslim Palestina.

Sabagai kaum muslim, kita sangat berterima kasih kepada para relawan yang kini gencar mengobarkan semangat bagi muslim dunia untuk berlomba-lomba membantu warga Palestina yang menjadi korban kezaliman.

Jika banyak negara melihat konflik itu secara politis, kita justru harus mengesampingkan itu. Kita melihatnya dari sisi kemanusiaan terhadap saudara seiman, seagama. Karena penglihatan seperti itulah, hendaknya kegiatan-kegiatan yang sifatnya memberi perhatian dalam bentuk apa saja kapada warga Palestina, sekecil apapun perlu kita dukung. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id