Ketika Jenderal Kepincut Kopi Khop | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ketika Jenderal Kepincut Kopi Khop

Ketika Jenderal Kepincut Kopi Khop
Foto Ketika Jenderal Kepincut Kopi Khop

“Kopi apa ini. Kenapa terbalik sajiannya,” kata Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyano ketika menghadiri acara penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di Desa Lhok Kruet Kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya, Rabu (2/8).

Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Mohd Fachrudin yang mendampingi Kasad langsung menjawab, “Ini kopi khop, kopi khas dari Meulaboh, Aceh Barat.” Kopi tersebut disajikan khusus kepada pengunjung stan Kodim 0105 Aceh Barat yang memadati arena penutupan TMMD ke-99 yang diselenggarakan Kodim 0114 Aceh Jaya.

Stan Kodim Aceh Barat ikut meramaikan acara dengan menyediakan 2.000 gelas kopi khop khas Meulaboh yang disajikan secara berbeda dengan gelas terbalik serta tidak sama dengan kopi umum lainnya di Aceh. Kopi khop selama ini sangat terkenal di Meulaboh, Aceh Barat. Kopi khop yang diracik oleh anggota TNI Kodim Aceh Barat itu ternyata diminum hingga habis oleh Kasad yang meninjau stan Kodim Aceh Barat di sela kegiatan tersebut.

Bahkan Kasad Jenderal Mulyono ketika menyaksikan sejumlah peragaan pada kegiatan TMMD di Aceh Jaya turut pula menambah satu gelas lagi kopi. Selain Kasad yang menikmati kopi tersebut juga Wakil Gubernur (Wagub) Aceh Nova Iriansyah, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Jambak serta peserta lainnya termasuk Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus dan perwira TNI, Polri dan masyarakat setempat.

Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Inf Herry Riana Sukma menjelaskan bahwa kopi khop merupakan kopi khas Meulaboh. Selain cara minumnya yang unik, kopi tersebut terasa enak dan nikmat serta banyak disukai masyarakat.

Ia menyatakan kegiatan TMMD dapat menjadi media mengenalkan kopi khop kepada masyarakat maupun tamu yang datang dari luar Aceh. “Alhamdulillah, kopi khop laris manis dan habis dicicipi pengunjung sambil menonton acara penutupan TMMD di AcehJaya,” jelas Dandim didampingi Pasi Intel Kodim Lettu Inf Rais.(rizwan) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id