YARA: Bupati jangan Sesuka Hati | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

YARA: Bupati jangan Sesuka Hati

Foto YARA: Bupati jangan Sesuka Hati

* Terkait Kasus Pembatalan Keuchik Terpilih

TAPAKTUAN – Kecaman dan protes terhadap Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH yang membatalkan hasil pemilihan keuchik Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan terus mengalir. “Bupati tidak bisa semena-mena dan sesuka hatinya membuat aturan pribadi,” ujar Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kabupaten Aceh Selatan Muhammad Nasir SH, Sabtu (19/3).

Menurutnya setiap warga negara berhak dipilih dan memilih dalam Pemilu, termasuk pemilihan keucik. Hal ini tercantum dalam UU No 39/1999 tentang HAM Pasal 43. Hal yang sama juga ditegaskan dalam UU No 12/2005 tentang Pengesahan Kovenan Hak Sipil Politik Pasal 25 yang berbunyi: Hak setiap warga negara ikut serta dalam penyelenggaraan urusan publik, untuk memilih dan dipilih.

“Kedua ketentuan pasal itu jelas menunjukkan adanya jaminan yuridis yang melekat bagi setiap warga negara untuk melaksanakan hak memilih dan dipilih,” tegasnya. Muhammad Nasir berharap masyarakat Aceh Selatan tidak dibodoh-bodohi oleh aturan yang keliru yang dibuat secara pribadi bupati. Sebab, menurutnya bupati bukanlah raja yang bisa sekehendak hati mengeluarkan aturan pribadi tanpa mengacu kepada aturan yang lebih tinggi.

“Dalam Perubahan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 2 ayat(1) jelas dinyatakan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang Dasar. Jadi bukan atas kehendak bupati, karena Aceh Selatan ini bukan kerajaan,” sebutnya.

Sementara itu Asrulliadi SH, warga Gampong Air Pinang juga menyangkal pernyataan bupati yang menyatakan dirinya pernah melihat langsung Nurman R, selaku keuchik Gampong Air Pinang terpilih saat masih dirawat diruang UPIP RSUD-YA Tapaktuan. “Pernyataan bupati tersebut terlalu mendramatisir. Sebab setahu kami bupati tidak pernah datang ke rumah sakit menyangkut permasalahan ini. Jadi pernyataan yang beliau keluarkan itu pembohongan publik,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra membatalkan hasil pemilihan keuchik Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan hanya atas dasar keuchik terpilih Nurman R pernah dirawat di rumah sakit jiwa di ruang UPIP Cempala RSUD dr Yuliddin Awai Tapaktuan.(tz) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id