Irwandi Yusuf, Teuma Pubuet Jak Ngon Lon? | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Irwandi Yusuf, Teuma Pubuet Jak Ngon Lon?

Irwandi Yusuf, Teuma Pubuet Jak Ngon Lon?
Foto Irwandi Yusuf, Teuma Pubuet Jak Ngon Lon?

GUBERNUR Aceh, Irwandi Yusuf sempat heran ketika istrinya Darwati A Gani, ikut terbang bersamanya ke Jakarta, Selasa (1/8) lalu. Padahal, ia tahu persis bahwa sang belahan jiwa itu tidak sedang dalam kegiatan dinas atau kegiatan penting lainnya di Ibu Kota.

“Teuma pubuet jak ngon lon (Jadi, ngapain pergi dengan saya)?” Walau tak lancar, tapi mulailah Darwati mengarang cerita. Ketua Dekranas Aceh ini, lalu mengatakan bahwa ia ke Jakarta mau melihat anak, dan beberapa urusan lain yang mau diurus. Dia mengatakannya dengan wajah yang disetel serius (bukan sedang bercanda) dong.

Irwandi pun masuk “perangkap”. Jelas saja harus berbohong. Tentu agar “rahasia besar” Darwati untuk membuat kejutan bagi yang terkasih tidak bocor sebelum hari H. Kalau bocor, bayangkan kekobongan akan terjadi. Padahal, seperti pengakuan Darwati kepada Serambi, sebelum berangkat ia telah menelepon seseorang yang bernama Bu Ani di Kantor Perwakilan Jakarta. Tak lain adalah disuruh membeli sebuah kue tar ulang tahun. “Yang sederhana saja ya, Bu,” kata Darwati waktu itu. Staf perwakilan di Jakarta dan beberapa yang ikut dari Banda Aceh, termasuk para ajudan, terpaksa “dibungkam” pula, ya seolah-olah mereka tidak tahu apa-apa.

Maka menjelang pukul 00.00 Selasa (1/8), Darwati berhasil dengan skenario penyamarannya. Irwandi betul-betul surprise. Ia sempat grogi (lihat saja filmnya di akun IG Darwati). Disuruh tiup lilin pula, dicium, direbahkan kepala di bahunya, disuapi, dan tar lapis cokelat tanpa pernik kembang, plus lilin berangka 57, menjadi saksi kemesraaan dan kebahagiaan pasangan yang menikah tahun 1995 itu. Memang ada kesan kikuk dari sikap keduanya. Sah-sah saja. Sebab, pengambilan gambar untuk film berdurasi kurang dari satu menit itu, memang distel lakonnya oleh para kerabat dan orang dekat mereka. Tanpa kehadiran anak-anak, malam itu berakhir dengan makan malam bersama, layaknya makan malam biasa.

Bila menyimak film yang ada di akun Instagram Darwati, “perhelatan” hari ulang tahun Bang Wandi (panggilan populer Irwandi Yusuf, selain Teungku Agam), terbilang sederhana. “Memang sangat sederhana kok. Itu hanya simbul saja. Kekeluargaan saja. Apalagi Pak Irwandi tidak begitu suka hari jadinya dirayakan. Walaupun saya tahu beliau bahagia banget. Yang jelas beliau hanya minta didoakan saja setiap tiba hari ulang tahunnya. Selebihnya Pak Irwandi pun tak ingat akan hari ulang tahunnya sendiri,” ungkap Darwati kepada Serambi, via telepon pukul 18.00 Wib kemarin.

Menurut Darwati, tengah malam itu hanya ada beberapa orang saja, di sebuah pojok Hotel Sheraton Bandara Soekarno-Hatta. Selain ajudan masing-masing dan orang yang terkait tugas Irwandi, orang dari perwakilah Jakarta, itulah saja “tamu” yang menyemangati hari jadi Bang Wandi. Anak-anak pun hanya bertelepon, dan membuat status di akun sosial media masing-masing. “Kado?” “Tidak ada kado-kadoan. Mau kasih apa? Ini hanya sebuah ingatan saja,” kata Darwati sembari tertawa kecil dari seberang telepon.

Bagaimana perasaan Darwati atas “misi kejutan dan sandiwaranya” itu? “Tentu saya senang, bahagia, bisa membuat bahagia Pak Irwandi. Bagi saya kebersamaan itu perlu. Saya sengaja berangkat bersamanya. Itu juga tanda bentuk dukungan dari saya, semangat buat Bapak di sela-sela bekerja. Ini hanya kebetulan pada tanggal tersebut bapak sedang di Jakarta. Makanya saya ikut. Biasanya hanya untuk keluarga saja, di rumah. Tidak ada perayaan.”

“Kenapa diposting ke sosmed?” “O, itu hanya ingin berbagi saja dengan masyarakat. Tolong diambil sisi baiknya,” aku Darwati sembari menyatakan tidak bermaksud lain selain dari kesan kebaikan.

Suka atau tidak suka dengan postingan itu, tahukah Anda? Hingga pukul 20.45 Wib ada 4242 liker dan 141 komentar yang tertera dipostingan foto Darwati bersama sang suami, yang dimuat dalam akun instagram milik Ketua TP PKK Aceh itu, (2/8).

Komentarnya, “Selamat milad imam kami, pemimpin kami, pemimpin seluruh rakkyat Aceh, semoga Allah selalu memberimu kesehatan, kekuatan dan kemudahan dalam mengemban amanah yang berat ini. Love you full.” Lalu ditabalkan pula gambar hati/jantung/simbol cinta warna hitam dua buah, di ujung komentar.

Sedangkan film prosesi tiup lilin pada waktu dan hari yang sama, dilihat oleh 32.014 orang dengan 139 komentar. Caption pada film itu, “Selamat ulang tahun Pak Bos.” Ini, salah satu komentar dari follower bernama r_nikmat (“ahahahah selamat ulang tahun pak James Bon, pura2 malee teuk bpk nyoe Hahaha. Semangat sehat selalu dn selalu dlm lingdungan Allah SWT.”). Well, dalam rencananya, Pak Bos alias BW, baru tiba di Banda Aceh, Jumat lusa. Jangan pernah berpikir ada open house kuah beulangong, sebab Irwandi memang tak suka memestakan hari jadinya. (nani hs) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id