Ekses Kerusuhan di Sultan Daulat, Truk dan Kantor PT Asdal Dibakar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ekses Kerusuhan di Sultan Daulat, Truk dan Kantor PT Asdal Dibakar

Ekses Kerusuhan di Sultan Daulat, Truk dan Kantor PT Asdal Dibakar
Foto Ekses Kerusuhan di Sultan Daulat, Truk dan Kantor PT Asdal Dibakar

URI.co.id, SUBULUSSALAM – Lima unit dump truk plus fasilitas kantor PT Asdal Prima Lestari (APL) Desa Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan yang berbatasan dengan Desa Lae Langge, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Rabu (2/8/2017) tadi malam musnah dibakar massa.

Pembakaran terhadap fasilitas perusahan pemilik Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit ini merupakan ekses penangkapan salah seorang tokoh masyarakat hingga memicu kerusuhan massa.

Informasi yang dikumpulkan URI.co.id, aksi pembakaran di areal PT Asdal terjadi sekitar pukul 23.45 WIB yang diawali protes di Mapolsek Sultan Daulat sekitar pukul 21.00 WIB.

Setelah dimediasi pihak kepolisian, ratusan massa bergerak  dari Desa Sigrun, Kecamatan Sultan Daulat menuju Desa Lae Langge lokasi PT Asdal.

Namun, setiba di lokasi perkebunan, massa dikabarkan tertahan oleh kelompok massa dari Aceh Selatan yang juga turun ke daerah terkait. Dilaporkan pula kalau massa di sana melakukan aksi pembakaran terhadap fasilitas perusahaan.

Akibatnya, lima unit dump truk plus kantor PT Asdal jadi sasaran pelampiasan kemarahan massa.

Pascapembakaran fasilitas perusahaan, massa mundur dan berkumpul di pintu masuk kantor PT Asdal. Sejam kemudian, puluhan  anggota kepolisian turun ke lokasi mengamankan TKP.

Petugas sempat berkoordinasi dengan aparat TNI dan polisi untuk mendatangkan pemadam kebakaran guna memadamkan api. Upaya pemadaman gagal lantaran massa menghadang armadanya sehingga tidak dapat masuk kelokasi kebakaran. (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id