Tablig Akbar Aceh Untuk Palestina | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tablig Akbar Aceh Untuk Palestina

Tablig Akbar Aceh Untuk Palestina
Foto Tablig Akbar Aceh Untuk Palestina

* Didukung 60 Organisasi

* Minggu Pagi di Masjid Raya

BANDA ACEH – Masyarakat Aceh termasuk yang berhimpun dalam 60 organisasi akan mendukung pergelaran ‘Tablig Akbar Aceh Untuk Palestina’ dan penggalangan dana yang dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu (6/8). Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dijadwalkan akan datang mewakili Pemerintah Aceh.

Pelaksanaan aksi massa ini disampaikan pengurus dalam kunjungannya ke Kantor Harian Serambi Indonesia di Meunasah Manyang, Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (2/8). Mereka diterima oleh Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar dan Redaktur Pelaksana, Yarmen Dinamika.

“Kegiatan tablig akbar Aceh untuk Palestina ini didukung oleh 60 organisasi. Dimulai dengan shalat Subuh berjamaah dan diisi oleh orasi dari ulama dan juga akademisi,” papar Ketua Pelaksana, Muhammad Balia.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut menyikapi kondisi Palestina terkini. Aksi tersebut merupakan wujud ukhuwah islamiyah dan solidaritas kemanusiaan masyarakat Aceh. Sebelumnya melalui penggalangan dana dari masyarakat Aceh yang dilakukan oleh Serambi, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh juga tergabung dalam aksi tersebut. Bahkan, telah membangun rumah sakit di Gaza yang melayani 500-an pasien setiap harinya. Terkini membuka dapur umum Indonesia di Masjid Al Aqsa, Palestina.

“Kita tidak bisa berdiam diri membiarkan saudara-saudara kita di sana (Palestina) yang terus menerus dizalimi zionis Israel,” tegas Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar.

Ketua Perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Husaini mengatakan, Palestina harus selalu ada di hati rakyat Aceh dan umat Islam. Rangkaian acara sejak shalat Subuh, shalat Dhuha berjamaah dan kuliah subuh serta khataman Alquran 30 juz oleh 150 huffazh dari Ittihad Halamatil Quran (IHQ). Kemudian pemutaran tayangan kondisi Masjid Al Aqsa terkini dan orasi yang akan membakar semangat ukhuwah islamiyah. Sedangkan penggalangan dana sudah melalui surat keputusan gubernur dan nantinya akan dibuka rekening atas nama Pemerintah Aceh. “Nantinya masyarakat bisa menyumbang untuk Palestina,” ujarnya.

Sementara orasi singkat akan diisi masing-masing oleh perwakilan Pemerintah Aceh, Pemerintah Kota Banda Aceh, Perwakilan MPU Aceh, pembacaan syair Palestina, Perwakilan HUDA, Perwakilan Dewan Masjid Indonesia dan Rektor UIN Ar Raniry.

Buat Kaki dan Tangan Palsu
Ketua Perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Husaini menjelaskan, ACT concern membantu negara muslim yang teraniaya. Ia mencontohkan sejak enam tahun belakangan, ACT rutin mengirim kurban. Begitu juga bantuan untuk Somalia yang berasal dari sumbangan warga Aceh sebesar Rp 2 miliar dan sumbangan 1.000 ton beras dari masyarakat Indonesia.

Untuk Palestina saat ini mempunyai program membuat kaki dan tangan palsu bagi mujahid cacat. Di samping itu pihaknya juga menjalin kemitraan dengan relawan di tepi barat Gaza yang di dalamnya juga terdapat putra Aceh. “Saat ini ACT mempunyai perwakilan di 34 provinsi dan 24 negara. Memang di luar gaungnya lebih terdengar,” ujar Husaini.(rul) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id