Galus Wacanakan Bebas Mesin Diesel | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Galus Wacanakan Bebas Mesin Diesel

Foto Galus Wacanakan Bebas Mesin Diesel

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues (Pemkab Galus) mewacanakan bebas dari mesin diesel pada tahun 2017. Ini khususnya untuk pembangkit listrik yang mengunakan mesin diesel selama ini. Karena asap dari mesin diesel dapat mencemari lingkungan.

Bupati Galus Ibnu Hasim, kemarin mengatakan, sudah terlebih dahulu mengutamakan dan membuat program dengan mewacanakan Galus bebas dari mesin diesel. Ini sebelum program kerja Presiden RI muncul tentang pembangunan pembangkit listrik melalui pengembangan dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLMTH). “Pemkab Galus sejak dari tahun 2007 lalu sudah mulai menggalakan pembangunan PLTMH di negeri julukan Seribu Bukit Galus,” ujar Bupati Galus.

Menurut Ibnu Hasim, Pemkab mencanangkan dengan pembangunan beberapa PLTMH bisa menjual arus listrik kepihak perusahaan, yakni PT.PLN (Persero) maupun perusahaan industri lainnya. “Penjualan arus itu akan menjadi penyumbang PAD nantinya,” ujar Ibnu Hasim.

Manajer PT.PLN (Persero) Ranting Blangkejeren, M Zulfitri, kepada Serambi kemarin menyambut baik program dan wacana Pemkab terkait Galus 2017 diupayakan bebas mesin diesel. Bahkan sejauh ini, PLN ranting itu baru memiliki kapasitas arus 5,4 Mega watt (Mw).

Dari kapasitas dengan daya mampu 5,4 Mw tersebut masing masing 3 Mw bersumber dari mesin diesel yang dikontrak (sewa) dari pihak ketiga yang ditempatkan di PLTD Rema. “Sedangkan 2,4 Mw lain bersumber dari mesin milik PLN sendiri,” sebut Zulfitri yang mengaku kapasitas daya mampu yang dimilik PLN mencapai 5,4 Mw dan dengan beban puncak 4,3 Mw, sehingga PLN masih mengalami surplus 1,1 Mw.(c40) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id