Unsyiah Kirim Tim Ekspedisi ke Simeulue | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Unsyiah Kirim Tim Ekspedisi ke Simeulue

Unsyiah Kirim Tim Ekspedisi ke Simeulue
Foto Unsyiah Kirim Tim Ekspedisi ke Simeulue

BANDA ACEH – Sebanyak 50 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh melakukan kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 di Kecamatan Simeulue Cut, Kabupaten Simeulue. Kegiatan itu terlaksana atas kerja sama dengan Kementerian Koordinator Maritim (Kemenko Maritim) RI.

Kegiatan itu berlangsung 1-24 Agustus 2017. Keberangkatan tim ekpedisi itu dilepas Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng di Balai Senat Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Senin (31/7).

Pada acara itu, Rektor menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada mahasiswa didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC dan Dr TB Haeru Rahayu APi MSc (Asdep Pendidikan dan Pelatihan Kemaritiman Kemenko Maritim RI).

Koordinator ENJ Unsyiah, Nashrillah Anis SE MM, program ENJ diadakan untuk meningkatkan budaya maritim dan penguatan konektivitas pulau terdepan, terpencil, dan wilayah perbatasan melalui peningkatan akses terhadap kebutuhan masyarakat.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada ENJ 2017 Unsyiah menggagas penyelenggaraan sekaligus sebagai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bagian dari muatan kurikulum yang wajib diikuti mahasiswa,” jelas Nashrillah seraya menyatakan mahasiswa berangkat ke Simeulue dengan KMP Teluk Sinabang melalui Pelabuhan Labuhan Haji, Selasa (1/8).

Selama ekspedisi, menurutnya, peserta akan melaksanakan program kerja mencakup sektor kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan ekonomi. Melalui program ini, dia berharap mahasiswa dapat melakukan kegiatan dan berinteraksi dengan masyarakat di pulau-pulau terluar, sehingga aspirasi mereka akan tersampaikan.

“Semoga, ENJ bisa berkembang dan dilaksanakan secara rutin di tahun-tahun mendatang,” imbuh Nashrillah seperti dalam rilis yang disampaikan Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unsyiah, Dr Zulkarnain Jalil SSi MSi kepada Serambi, kemarin.(jal) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id