Agara Produksi Jagung 61 Ribu Ton | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Agara Produksi Jagung 61 Ribu Ton

Foto Agara Produksi Jagung 61 Ribu Ton

KUTACANE – Kabupaten Aceh Tenggara berhasil memproduksi komoditi jagung mencapai 61.000 ton pertahunnya. Tapi harga jual jagung dinilai masih rendah dan belum mampu mendongkrak ekonomi pertanian di Agara. Karena harga jagung di pasaran mencapai Rp 4.900/Kg.

Kepala Bidang Produksi Palawija dan Holtikultura Dinas Pertanian Aceh Tenggara, Hj Netiana, kepada Serambi kemarin mengatakan, luas areal jagung di Agara tahun 2015 mencapai 20.454 hektar. Sedangkan tahun 2016 seluas 16.679 hektar. Setiap hektar mampu memproduksi sekitar 6,9 ton perhektarnya dan harga jagung di pasaran mencapai Rp 4.900/Kg.

“Petani di Agara mampu memproduksi jagung sekitar 61 ribu ton pertahunnya. Jagung tersebut di pasarkan ke Medan. Bahan baku tersebut diolah tauke untuk dijadikan sebagai pakanan ternak, pelet dan kebutuhan makanan lainnya,” ujarnya.

Tokoh Masyarakat Agara, Nasrulzaman mengatakan, Agara memiliki potensi yang cukup baik untuk komoditi jagung. Namun, harga jual jagung yang dinilai masih rendah dan belum mampu mendongkrak ekonomi pertanian di Agara. Ini harus dipikirkan Pemerintah Aceh maupun Pemkab Agara, bagaimana caranya harga jagung petani dan hasil bumi lainnya dapat dibeli dengan harga mahal.

“Bila perlu Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mendatangkan investor asing ke Agara untuk menanamkan modal usaha untuk membangun pabrik jagung di Agara. Kita punya bahan baku, kenapa tidak mampu mengolahnya. Ini bukti kalau Pemerintah tidak peduli kepada petani,” ujar Nasrulzaman.

Menurut Tokoh Masyarakat, Nasrulzaman, Aceh Tengara cukup berpotensi di sektor pertanian dalam arti luas. Misalnya, komoditi cokelat (Kakao) memiliki kualitas terbaik di dunia dan juga hasil getah karet dan sawit. Kendati memiliki hasil panen melimpah, tapi petani tetap ekonominya belum sejahtera. “Karena hasil panenpetani masih sangat murah dibeli di pasaran,” ujar Nasrulzaman.(as) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id