511 Proyek APBA belum Dilelang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

511 Proyek APBA belum Dilelang

511 Proyek APBA belum Dilelang
Foto 511 Proyek APBA belum Dilelang

BANDA ACEH – Sebanyak 511 proyek Anggaran Pendapatan Belanja Aceh 2017 (32 persen) belum dilelang hingga 31 Juli 2017. Dari jumlah tersebut, ketiga terbanyak adalah bidang perumahan 125 paket, pendidikan 88 paket, perkebunan 60 paket. Adapun total proyek APBA 2017 dengan nilai Rp 2,69 triliun adalah 1.607 paket.

Serambi memperoleh data ini seusai rapat evaluasi pelaksanaan APBA 2017 di Kantor P2K Setda Aceh, Senin (31/7). Rapat ini dipimpin Wagub Aceh Nova Iriansyah. “Dalam rapat evaluasi tadi, kami sudah memerintahkan Kepala SKPA, KPA, PPTK, ULP untuk mencari solusi yang cepat, tepat dan tidak menimbulkan masalah hukum dikemudian hari terhadap proyek-proyek itu,” kata Wagub menjawab Serambi seusai rapat ini.

Wagub mengimbau agar proyek-proyek yang belum dilelang iu disisir kembali dengan memperhitungkan masa kerja. Jika hingga akhir Agustus baru ada penetapan pemenangnya dan masa kerjanya tidak cukup lagi, maka proyek tersebut ditunda saja dan diusulkan kembali dalam RAPBA 2018.

Sedangkan jika ada kontraktor yang sudah teken kontrak, tapi sampai kini belum mengerjakan proyeknya di lapangan, Wagub memerintahkan agar dipanggil kontraktornya untuk diminta penjelasan kenapa belum merealisasikan proyek. “Jika kontraktor ada masalah dan masalah itu bisa dibantu serta tidak melampui kewenangan SKPA, silahkan bantu. Yang jangan membantu melampui kewenangan yang dimiliki dan itu bisa berbahaya,” kata Nova mengingatkan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani mengakui beberapa proyek pengadaan alat peraga dan latihan SMK yang bersumber dari dana dana alokasi khusus (DAK) pendidikan belum dilelang karena sistem pengusulan anggaran dari pusat pada Mei 2017 sudah berubah.

Sedangkan proyek dan kegiatan menggunakan DAK sudah disusun pada waktu pembahasan RAPBA 2017 pada Januari tahun ini. “Supaya tidak jadi masalah, pada akhir tahun nanti, penyusunan penggunaan DAK untuk pengadaan alat peraga dan latihan siswa SMK itu harus diubah kembali. Hal ini yang membuat penyerahan dokumen lelang pengadaan alat peraga dan latihan siswa SMK ke ULP terlambat,” jelasnya.

Ia menyebutkan jumlah proyek pendidikan yang belum dilelang tinggal sekitar 45 paket lagi dari 88 proyek yang terdaftar dalam monitor P2K Setda Aceh. “Dokumen lelangnya akan kita serahkan ke ULP. Diharapkan dalam minggu ini ULP sudah mengumumkan pelelangan proyek,” ujar Laisani.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Aceh, Hasanuddin Darjo ketika dikonformasi menyebutkan proyek di dinas dipimpinnya yang terbanyak belum dilelang adalah pembukaan dan pengerasan jalan perkebunan. “Jumlahnya ada 45 paket lagi dan minggu ini semua kelengkapan dokumennya dilengkapi. Setelah semua dokumennya lengkap, baru diserahkan ke ULP untuk penayangan pengumuman lelangnya,” jawab Hasanuddin Darjo. (her) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id