Keuchik Ngadu ke Pimpinan DPRA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Keuchik Ngadu ke Pimpinan DPRA

Keuchik Ngadu ke Pimpinan DPRA
Foto Keuchik Ngadu ke Pimpinan DPRA

* Minta Bantu Jalan Tembus Aceh Barat-Aceh Jaya

MEULABOH – Sejumlah keuchik (kepala desa) di Kemukiman Darul Ikhsan, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Minggu (30/7) sore mengadu kepada Wakil Ketua DPRA H Sulaiman Abda yang datang ke wilayah pedalaman itu.

Mereka meminta pimpinan DPR Aceh tersebut untuk menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Aceh supaya bersedia membangun jalan tembus lintas Pungki, Sungai Mas, Aceh Barat ke Bintah, Kecamatan Pasi Raya, Kabupaten Aceh Jaya sepanjang 14 kilometer.

Aspirasi ini disampaikan sembilan kepala desa yaitu Keuchik Gaseu (Amri), Keuchik Ramite (Burhanuddin), Keuchik Buloh ( Sutomosution), Keuchik Pungki (Usman), Keuchik Gleng (A Hamid), Keuchik Sipot (Burhan), Keuchik Lung Baro (Baharuddin), Keuchiek Tanoh Mirah (T Ismail) serta Keuchik Lubok Beutong (Nyak Umar) dan turut disaksikan Ketua DPD II Partai Golkar Aceh Barat Haji Kamaruddin serta sejumlah pengurus.

“Masyarakat di Sungai Mas hingga kini masih terisolir, kondisi ini terjadi akibat tidak adanya ruas jalan permanen sehingga menyebabkan ekonomi rakyat terganggu,” kata Mustafa, tokoh muda Gampong Gaseu, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat.

Menurutnya, akibat ketiadaan akses transportasi yang memadai, menyebabkan hasil pertanian dan perkebunan yang selama ini digeluti masyarakat tidak bisa dijual untuk menambah pendapatan ekonomi warga. Ia menjelaskan, apabila mengandalkan badan jalan lama, untuk bisa menuju ke Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat, masyarakat harus menempuh perjalanan sejauh 70-80 kilometer dengan jarak tempuh berkisar selama dua jam.

Dengan adanya pembangunan ruas jalan antarkabupaten sepanjang 14 kilometer itu, maka masyarakat di wilayah pedalaman Sungai Mas akan lebih mudah menjual hasil pertanian, palawija maupun perkebunan dan memajukan daerah. Sementara itu, Haji Kamaruddin dalam sambutannya menyatakan bahwa kader Golkar memiliki kewajiban untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Sulaiman Abda hadir di sini karena panggilan hati nurani sebagai pemimpin, dibanding kunjungan ke kabupaten lain, Sulaiman Abda paling sering berkunjung ke wilayah barat-selatan Aceh,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRA H Sulaiman Abda seusai menerima aspirasi warga dalam sambutannya mengatakan dirinya siap membantu memperjuangkan aspirasi para kepala desa di Sungai Mas yang menginginkan adanya pembangunan jalan tembus lintas kabupaten di kawasan Pungkie, Sungai Mas, Aceh Barat menuju ke kawasan Bintah, Kecamatan Pasi Raya, Aceh Jaya. Menurutnya, selama ini anggaran yang kini dikelola Pemerintah Aceh memang difokuskan untuk membangun.

Ia mengajak masyarakat melalui tokoh dan wakil daerah untuk rajin memperjuangkan aspirasi agar bisa masuk dalam perencanaan pembangunan. “Tapi hendaknya, yang diusulkan untuk dibangun benar-benar yang penting,” tuturnya seraya mengajak untuk mendukung bupati dan wakil bupati Aceh Barat terpilih agar kerja pembangunan bisa berjalan maksimal. “Saya terharu dengan sambutan masyarakat Sungai Mas,” kata Sulaiman Abda.(edi) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id