Berharap RS Meuraxa Secepatnya “Sehat” | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Berharap RS Meuraxa Secepatnya “Sehat”

Berharap RS Meuraxa Secepatnya “Sehat”
Foto Berharap RS Meuraxa Secepatnya “Sehat”

Dalam salah satu rubrik di halaman 3 harian ini kemarin, Ketua DPRK Banda Aceh, Arief Fadilah, menyampaikan pendapatnya tentang krisis yang kini dialami Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Banda Aceh. Wakil rakyat ini menyorot banyak hal tentang ketidakberesan rumah sakit tersebut.

Selain krisis obat yang heboh bulan lalu, ternyata di rumah sakit milik Pemko Banda Aceh itu juga masih banyak persoalan yang mengakibatkan layanan kepada masyarakat mengecewakan, termasuk lift yang tak berfungsi maksimal di sana. “Makanya, pihak manajemen RSUD Meuraxa harus bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”

Dalam pandangan Arief, persoalan yang melilit rumah sakit itu antara lain karena lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Kemudian, dana pelayanan sering dipakai untuk hal-hal yang sifatnya tidak urgens seperti untuk pembangunan fisik, sehingga terabaikan pelayanan para pasien.

“Saya menyarankan segera dibentuk badan penyelamatan RSUD Meuraxa agar dapat memberi masukan pada pihak manajemen, sehingga masalah seperti itu tidak terulang lagi. Badan penyelamat itu bisa saja terdiri dari Sekdako Banda Aceh, Kepala Dinas Kesehatan, BPK, pihak akuntan, serta lembaga lainnya.”

Demikian juga untuk pihak BPJS Kesehatan dianjurkan ke depan supaya tidak lagi terjadi keterlambatan membayar klaim seperti yang terjadi kali ini.

Hampir sama dengan pandangan Arief, dalam satu forum di Banda Aceh pada Minggu (30/7) pagi, Wali Kota Banda Aceh AmiBerharap RS Meuraxa Secepatnya “Sehat”ah Usman menyatakan bahwa saat ini RS Meuraxa memang sedang “pusing”. “Saya katakan, ini benar-benar rumah sakit yang sedang sakit.” Karenanya, ia mengaku sedang berusaha keras membenahi manajemen agar operasional rumah sakit itu bisa segera “sehat”.

RS Meuraxa sesungguhnya adalah rumah sakit nomor dua terbesar dan terlengkap di Aceh setelah RSUZA milik Pemerintah Provinsi Aceh. Rumah Sakit Meuraxa memiliki dokter spesialis yang cukup dan fasilitas kedokteran yang juga memadai.

Makanya, kita sangat berharap rumah sakit itu dapat beroperasi secara baik sehingga mampu memberi pelayanan optimal kepada masyarakat. Selama ini RS Meuraxa bukan hanya menjadi tempat pelayanan kesehatan warga Banda Aceh, tapi juga menerima pasien rujukan dari berbagai daerah lainnya di Aceh.

Saat ini, di Banda Aceh memang memiliki banyak rumah sakit swasta, namun yang menerima layanan pasien BPJS hanya beberapa di antaranya. Dan, kemampuan layanan beberapa rumah sakit berfasilitas BPJS di Banda Aceh belum seimbang dengan jumlah pasien yang harus dirawat inap.

Sekali lagi, kita berharap RS Meuraxa Banda Aceh dapat segera beroperasi sebagaimana diharapkan masyarakat. Yakni, obat tersedia, dokternya siaga, perawatnya murah senyum, serta tentu saja semua fasilitas pendukung layanan dalam kondisi baik dan bersih. (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id