Hutan Keuneukai Terbakar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hutan Keuneukai Terbakar

Hutan Keuneukai Terbakar
Foto Hutan Keuneukai Terbakar

SABANG – Sekitar setengah hektare hutan di kawasan pegunungan Gampong Keneukai, Kecamatan Suka Jaya, Sabang, Selasa (26/7) malam, terbakar. Satu mobil pemadam kebakaran plus satu mobil tangki milik BPBD diturunkan untuk memadamkan kebakaran tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sabang, T Zakaria Al Bahri, kepada Serambi, Rabu (26/7) mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIB saat warga sedang menunaikan shalat Magrib. Menurut Zakaria, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran hutan tersebut.

Namun, lanjutnya, sesuai keterangan dari warga bahwa kobaran api diduga berawal dari pembakaran sampah di pinggir jalan lereng gunung yang berbatasan dengan Gampong Beurawang. “Apalagi, pada sore itu angin dari arah laut berhembus sangat kencang membuat api sangat cepat memangsa rerumputan dan daun kayu yang sudah mengering di atas gunung berbatu tersebut,” ungkapnya.

Mendapat laporan ada kebakaran hutan tersebut, tambah Zakaria, pihaknya langsung menurunkan satu mobil pemadam kebakaran plus satu mobil tangki ke lokasi untuk memadamkan api.

Hembusan angin yang relatif kencang serta ketersediaan armada pemadam kebakaran yang terbatas membuat petugas kewalahan dan kelelahan memadamkan api. Bahkan, kobaran api yang membakar hutan itu baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB atau 10 jam kemudian. “Kita sangat kewalahan menangani kebakaran, karena dari empat mobil pemadam kebakaran yang ada hanya satu yang bisa dioperasikan,” katanya.

Meski memakan waktu hingga 10 jam, namun kerja keras petugas dan warga mampu menghilangkan keresahan masyakarat. Sebab, jika tak segera dipadamkan, kobaran api itu bisa meluas ke perkebunan Gampong Beurawang. “Syukur, mobil pemadam kebakaran cepat turun ke lokasi. Jika tidak, api bisa meluas ke perkebunan desa kami,” ujar Keuchik Beurawang, Syamsul Bahri.

Sehubungan dengan musim kemarau yang sedang melanda Aceh pada umumnya dan Sabang khususnya, T Zakaria Al Bahri mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dan peka terhadap kebakaran yang berpotensi terjadi saat musim kemarau seperti sekarang. “Kami mengimbau warga tetap waspada terhadap kebakaran baik lahan kering, rumah, dan bangunan lainnya,” kata Zakaria.(az) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id