Peringatan Earth Hour di Banda Aceh Batal | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Peringatan Earth Hour di Banda Aceh Batal

Foto Peringatan Earth Hour di Banda Aceh Batal

BANDA ACEH – Malam puncak Earth Hour (Jam bumi) 60+ tahun 2016 di Banda Aceh yang semula direncanakan dilaksanakan Sabtu (19/3) malam, akhirnya dibatalkan. Kegiatan peduli lingkungan yaitu pemadaman lampu selama 60 menit (1 jam) itu dibatalkan karena selama ini Banda Aceh sering padam listrik.

Koordinator Kota Earth Hour Aceh, Dedi Saputra Jalil kepada Serambi Jumat (18/3) mengatakan, pembatalan kegiatan pemadama lampu satu jam itu alasan situasi saat ini yang tidak kondusif.

“Pertama, kami menilai bahwa saat ini Banda Aceh tidak punya icon kota sebagai pusat kegiatan itu, sebab Masjid Raya Baiturrahman sedang direnovasi. Selain itu, kondisi kelistrikan kita saat ini belum kondusif,” ujar Dedi Saputra, seraya menyebut jika pemadaman selama 1 jam itu dilakukan, masyarakat tentu akan protes.

Menurutnya, kondisi Banda Aceh dan Aceh secara keseluruhan masih dilanda pemadaman listrik, akibat kerusakan mesin di PLTU Nagan Raya sebagaimana diberitakan di surat kabar. “Bila dipaksakan, maka kami akan di-bully oleh masyarakat Banda Aceh, yang hampir saban hari dilanda pemadaman listrik,” jelasnya.

Namun kata Dedi, kampanye hemat listrik yang digagas pihaknya akan tetap berjalan. Earth Hour Aceh bersama Balai Lingkungan Hidup (BLH) sudah mengimbau masyarakat agar menghemat pemakaian listrik.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan program alternatif untuk menggantikan acara puncak tersebut, yaitu workshop Pengelolaan Sampah Ramah Lingkungan yang diadakan, Sabtu (19/3) sekira pukul 8.15 WIB di Gedung Escape Building Gampong Lambung, Banda Aceh. “Kami bersama Bapedal Aceh akan mengadakan workshop pengelolaan sampah dan sosialisasi dampak perubahan iklim,” kata Dedi, dan mengatakan peserta yang ikut terdiri atas perwakilan siswa SMP dan SMA di Banda Aceh dan Aceh Besar, pemuda lintas komunitas, serta turut mengundang masyarakat umum.(fit) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id