Anggota DPRK Banda Aceh Cek Kesehatan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Anggota DPRK Banda Aceh Cek Kesehatan

Anggota DPRK Banda Aceh Cek Kesehatan
Foto Anggota DPRK Banda Aceh Cek Kesehatan

BANDA ACEH – Sejumlah Anggota DPRK Banda Aceh, Selasa (25/7), melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (medical check up) di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh. Pemeriksaan itu diikuti juga istri dan anak dari masing-masing anggota legislatif.

Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah, kepada Serambi, menjelaskan, pemeriksaan sudah menjadi keharusan bagi setiap anggota dewan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 31 Tahun 2016. Permendagri itu berbunyi: Pimpinan dan anggota DPRD diberikan pelayanan kesehatan berupa pelayanan medical chek up sebanyak satu kali dalam satu tahun, termasuk keluarga (istri/suami dan dua orang anak) dalam rangka pemeliharaan kesehatan dan dianggarkan dalam bentuk program pada kegiatan SKPD yang secara fungsional terkait dan dilaksanakan pada rumah sakit umum daerah setempat/rumah sakit umum pusat di daerah.

“Ini memang sudah diplot menjadi program nasional, dan diperuntukkan khusus bagi semua anggota dewan, suami/istri plus dua anak. Pemeriksaannya dilakukan secara menyeluruh, mulai mata, jantung, hingga darah, semualah,” kata Arif yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Banda Aceh.

Arif menyampaikan, medical check up ini wajib diikuti oleh semua anggota dewan karena program ini sekali dalam setahun. Apabila ada anggota dewan yang tidak melakukannya, maka biaya untuk melakukan medical check up tidak bisa ditarik, dan harus dikembalikan kenegara. “Tidak bisa diuangkan,” ujarnya.

Medical check up ini menurut dia penting dilakukan agar diketahui gejala-gejala penyakit yang diidap. “Jika kita mengindap gejala-gelaja penyakit tertentu, kita bisa sedini mungkin melakukan pencegahan supaya tidak meningkat menjadi penyakit yang lebih berat,” demikian Arif Fadillah.(mas) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id