Pengerjaan Jalan 30 tak Sempurna | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pengerjaan Jalan 30 tak Sempurna

Pengerjaan Jalan 30 tak Sempurna
Foto Pengerjaan Jalan 30 tak Sempurna

* Air Rawa Menggenangi Badan Jalan

BLANGPIDIE – Pengerjaan proyek Jalan 30 atau jalan lingkar dari Ie Mirah, Kecamatan Babahrot menuju Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dinilai belum sempurna. Beberapa titik badan jalan tergenang air ketika musim kemarau seperti sekarang ini sehingga tidak bisa dilalui kendaraan, terutama sepeda motor.

Pemandangan dapat dilihat di sekitar Km 8-9 dari Desa Ie Mirah, Babahrot. “Kondisi ini benar-benar aneh. Ketika kekeringan melanda sejumlah kawasan di Abdya akibat kemarau panjang, tapi di sini (Jalan 30) justru badan jalan tergenang air,” kata Jasman, warga setempat kepada Serambi, Senin (24/7).

Penimbunan tidak sempurna (belum cukup tinggi) mengakibatkan di beberapa titik permukaan badan jalan terendam air dari lahan rawa sekitar lokasi. Air yang merendam badan jalan dengan panjang puluhan meter dilaporkan terjadi di beberapa titik lokasi antara Km 8-9 atau kawasan Desa Rukon Dame, Kecamatan Babahrot. Kendaran roda empat sangat sulit melintas, malahan tidak bisa dilalui sepmor.

“Padahal, Jalan 30 digunakan banyak dari dan ke lokasi perkebunan,” kata Jasman. Sementara Bakhtiar, petani yang sering melintasi Jalan 30 mengaku kecewa melihat kondisi permukaan Jalan 30 yang masih rendah di beberapa lokasi, kemudian terendam air, meskipun tidak diguyur hujan. “Seharusnya, sebelum dilakukan penimbunan, permukaan tanah yang sangat lembek dikorek kemudian dibuang ke lokasi lain,” katanya.

Penyebab lainnya badan di lokasi badan jalan tersebut tidak digali parit pembuang pada sisi kanan kiri sehingga air rawa dengan mudah masuk ke atas permukaan jalan yang baru ditimbun. Petani yang membuka lahan di kawasan tersebut mengharapkan kontraktor sebagai pelaksana proyek bertanggung jawab melakukan penimbunan kembali di beberapa titik yang belum sempurna.

Seperti diketahui proyek penimbunan Jalan 30 merupakan proyek yang menyerap anggaran besar di Kabupaten Abdya mencapai sekitar Rp 30 miliar dari sumber APBN-Perubahan 2016 dan selesai dikerjakan awal 2017.

Masih Tanggung
Jawab Kontraktor
Sementara itu Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Abdya Afrida Surya kepada Serambi, Selasa (25/7) mengatakan sudah menerima laporan bahwa masih ada beberapa titik proyek penimbunan Jalan 30 yang masih perlu disisip karena permukaan badan jalan masih rendah dan kemudian terendam air.

“Kita sudah beritahukan kondisi ini kepada pelaksana, karena proyek masih dalam masa pemeliharan sampai Oktober mendatang. Jadi masih tanggung jawab pelaksana (kontraktor) melakukan penyisipan dan timbunan di beberapa titik lokasi,” kata Afrida Surya. Proyek penimbunan Jalan 30 dari Ie Mirah menuju Lama Tuha dilaksanakan PT KAN menyerap anggaran sekitar Rp 30 miliar bersumber dari APBN-P 2016.(nun) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id