Empat Balon Ketua KNPI Aceh Bersaing Rebut Dukungan OKP | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Empat Balon Ketua KNPI Aceh Bersaing Rebut Dukungan OKP

Empat Balon Ketua KNPI Aceh Bersaing Rebut Dukungan OKP
Foto Empat Balon Ketua KNPI Aceh Bersaing Rebut Dukungan OKP

BANDA ACEH – Empat bakal calon (balon) Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh periode 2017-2022, dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Setelah itu mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya untuk bisa bersaing pada Musyawarah Daerah (Musda) XIII di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, 29-31 Juli 2017.

Pengumuman itu disampaikan Ketua SC, Irfannusir Rasman Sag SE MSi, di Sekretariat KNPI Aceh, Senin (24/7). Keempatnya adalah T Khalid (Wakil Ketua OKK KNPI Aceh), M Fadhil Rahmi (Ketua IKAT Aceh yang juga pengurus KNPI), Wahyu Saputra (mantan pengurus KNPI Aceh periode 2010-2013), dan Zulfan Effendi (Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup).

“Keempat calon sudah melalui verifikasi yang diatur AD/ART dan peraturan organisasi. Keempatnya ini sudah kita nyatakam lulus walaupun SKnya akan kita sampaikan pada tanggal 27 Juli nanti. Mereka sudah sah untuk maju ke tahap berikutnya,” kata Irfan, didampingi Ketua DPD KNPI Aceh, Jamaluddin ST, dan Ketua Panitia, Safwan M Gade.

Dijelaskan, sesuai aturan untuk bisa lolos sebagai balon ketua, setiap kandidat harus memiliki dukungan tiga DPD KNPI kabupaten kota dan enam organisasi kepemudaan (OKP) tingkat provinsi. Sementara untuk bisa lolos sebagai calon ketua, setiap kandidat harus mengantongi 20 persen suara sah atau 18 suara sah dari 93 pemilik suara yang akan divoting pada 30 Juni mendatang.

Ke-93 pemilik suara itu berasal dari 23 DPD KNPI kabupaten kota, 67 OKP se Aceh, dan masing-masing 1 suara dari DPP, MPI, dan ketua demisioner. Saat ini, keempat kandidat sedang bergeleria untuk mencari dukungan hingga ke daerah. Menariknya ada kandidat mengklaim sudah mendapat dukungan maksimal baik dari DPD tingkat dua maupun OKP.

T Khalid kepada Serambi mengatakan, saat ini dirinya mengklaim sudah memperoleh 80 persen dukungan dari DPD KNPI kabupaten kota se Aceh. Artinya, dari 23 kabupaten kota, sekitar 18 DPD sudah merapat kepadanya. “Alhamdulillah sekitar 80 persen, umumnya DPD tingkat dua kita masukan dalam katagori aman,” katanya.

Begitu juga dukungan dari OKP, menurut Khalid, banyak yang merapat kepadanya. “Karena selama ini saya intens dengan OKP sejak kepemimpinan Bung Jamal, baik saat muscab maupun dalam kegiatan DPD KNPI, tentu punya hubungan yang dekat dan saya punya keyakinan mereka masih bersma saya meskipun tidak seratus persen, dan ini terus mengalir,” ujarnya.

Sementara Zulfan Effendi mengaku hingga kemarin sudah memperoleh dukungan lima DPD II dan 30 OKP. Dukungan tersebut bakal bertambah hingga hari pemilihan. “Kekuatan hari ini masih dinamis, belum bisa kita katakam 100 persen. Kita buktikan saat pemilihan. Soal klaim mengklaim biasa, kenyataan ada saat pemilihan,” katanya.

Wahyu Saputra juga mengaku sudah didukung 13 DPD II dan 46 OKP se Aceh. Dalam menjaga modal tersebut, ia terus melakukan konsolidasi dengan menjaga kekompakan dan menjalin silaturahmi. Ia juga optimis bisa memenangkan pemilihan Ketua KNPI Aceh. “Insya Allah tetap optimis,” katanya.

M Fadhil juga optimis dengan dukungan yang dimilikinya. Hanya saja, Syech Fadhil, panggilan akrabnya, tidak memberitahu sudah berapa dukungan yang dikantonginya. “Kita optomis dengan kekuatan kita. Terkait kekuatan menurut saya tidak perlu terlalu vulgar menyampaikan kekuatan,” katanya.

Ia mengaku optimis bisa melaju keputaran dua prosesi musda dan bisa meraih kemenangan. Ia berharap OKP hijau (agamis) bisa bersatu dengannya, begitu juga OKP yang beridiologi nasionalis. “Saya sudah silaturahmi dengan mayoritas OKP dan senior. Alhamdulillah di samping OKP hijau, okp nasional juga sudah banyak dengan kita,” ucapnya.(mas) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id