Bupati Batalkan Keuchik Terpilih | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bupati Batalkan Keuchik Terpilih

Foto Bupati Batalkan Keuchik Terpilih

* Warga Air Pinang Ancam Demo

TAPAKTUAN – Keputusan Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra yang membatalkan hasil pemilihan keuchik Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan yang dimenangkan Nurman R menuai kecamatan dari masyarakat setempat. Tindakan bupati dinilai telah mengabaikan hak demokrasi rakyat dan bertindak semena-mena.

Sebab, hanya atas dasar yang bersangkutan pernah dirawat di rumah sakit jiwa, bupati langsung memvonis Nurman R selaku keuchik terpilih mengalami gangguan jiwa. Menurut warga pencalonan Nurman sudah memunuhi semua syarat administrasi sesuai Qanun No 4 Tahun 2009 tentang Tata cara pemberhentian dan pengangkatan keuchik di Aceh.

“Kok setelah pemilihan, bupati dengan sepihak membatalkan hasil pemilihan tersebut. Ini bisa dibilang bupati sendiri tidak mengakui legaslitas rumah sakit milik pemerintah yang sudah mengeluarkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Kan aneh?” papar Asrulliadi, warga Gampong Air Pinang kepada Serambi, Kamis (17/3) malam didampingi unsur masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Gampong Air Pinang.

Menurutnya akibat adanya surat pembatalan hasil pemilihan keuchik yang dikeluarkan bupati telah membuat roda pemerintahan gampong kacau dan bergejolak karena keuchik terpilih tak kunjung dilantik.

“Kami beri waktu sepuluh hari, jika tuntutan kami tidak ditanggapi, maka kami akan unjuk rasa ke kantor bupati, biar semua orang tahu bupati telah mengangkangi hak demokrasi masyarakat Air Pinang. Kami juga akan melapor ke Komnas HAM RI dan Ombudsman RI,” tegasnya. Asrulliadi menjelaskan pemilihan keuchik Gampong Air Pinang berlangsung 8 November 2015 lalu. Ada tiga kandidat yang maju yakni Nurman R dengan perolehan 254 suara, Indra Jaya 113 suara dan T Jailani 175 suara.(tz) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id