Bawaslu Beri Perhatikan Khusus untuk Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bawaslu Beri Perhatikan Khusus untuk Aceh

Bawaslu Beri Perhatikan Khusus untuk Aceh
Foto Bawaslu Beri Perhatikan Khusus untuk Aceh

BANDA ACEH – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Fritz Edward Siregar SH LLM PhD, mengatakan, pihaknya akan memberikan perhatian khusus untuk Aceh dalam mengawal pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada 2019. Ia menilai, Aceh termasuk salah satu daerah yang memiliki indeks kerawanan pemilu tinggi.

“Sebenarnya kita beri perhatian kepada semua daerah, tapi tidak dapat dipungkiri berdasarkan indeks kerawanan pemilu yang kita hasilkan ada daerah-daerah yang perlu diberikan perhatian khusus,” katanya saat memantau seleksi tes tulis calon anggota Panwaslu se Aceh di Aula SMK Lhong Raya, Banda Aceh, Kamis (20/7).

Menurutnya, perhatian tersebut tidak cukup diberikan oleh Bawaslu saja, tetapi juga semua pihak yang terlibat dalam mengamankan Pileg dan Pilpres yang bergulir pada Oktober 2019. “Bagi daerah-daerah yang memiliki indeks kerawanan pemilu tinggi, kita memberikan perhatian khusus agar proses demokrasi bisa terjadi diseluruh wilayah,” ujarnya.

Bentuk perhatian yang diberikan, kata Fritz, di antaranya mengawal secara langsung seleksi calon Panwaslu se-Aceh agar proses rekrutmen berjalan dengan baik. Selain itu, Bawaslu juga menjalin hubungan dengan pemerintah Aceh. “Itu bagian dari kita memberikan perhatian khusus kepada Aceh,” kata dia.

Tekait dengan seleksi calon anggota Panwaslu se-Aceh yang sedang berlangsung, Fritz mengaku merasa senang melihat banyaknya masyarakat Aceh yang mendaftar. Ia mengatakan, dengan banyaknya partisipasi masyarakat dalam seleksi ini menandakan masyarakat sudah sadar terhadap perannya dalam dunia politik.

“Sehingga kita memiliki kesadaran untuk memilih pemimpin (Presiden) dan anggota perwakilan di DPR. Saya berharap mereka dapat melaksanakan ujian dengan baik dan hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan,” kata Fritz Siregar yang didampingi Ketua Bawaslu Aceh, DR Muklir SSos SH MAP.(mas) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id