Mendagri Akan Tunjuk Rusli Plt Bupati | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mendagri Akan Tunjuk Rusli Plt Bupati

Foto Mendagri Akan Tunjuk Rusli Plt Bupati

* Menyusul Ditahannya Ruslan oleh KPK

JAKARTA – Wakil Bupati Bener Meriah, Drs Rusli M Saleh, akan ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) bupati, menyusul ditahannya bupati defenitif, Ir Ruslan Abdul Gani, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (16/3) malam.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dodi Riyadmadji, mengatakan hal itu menjawab Serambi di Jakarta, Kamis (17/3). “Segera, nanti wabup (wakil bupati) akan melaksanakan tugas bupati,” kata Dodi Riyadmadji.

Seperti disampaikan Dodi sebelumnya, Mendagri baru akan menyurati Gubernur Aceh untuk melarang Ruslan Abdul Gani menjalankan wewenang dan fungsinya sebagai bupati, apabila yang bersangkutan sudah ditahan oleh KPK untuk kepentingan penyidikan.

Secara terpisah, Serambi juga menerima siaran pers dari Wakil Bupati yang memastikan bahwa roda pemerintahan di Bener Meriah tidak akan terganggu dengan ditahannya Bupati Ruslan.

“Roda pemerintahan tetap berjalan kendati bupati tidak ada. Kan masih ada wakil, sekda, dan asisten yang akan terus menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bener Meriah ini,” kata Rusli M Saleh.

Dia mengaku menerima kabar tentang penahanan Bupati Ruslan pada saat perjalanan pulang dari Jakarta, dan sedang berada di Lhoksemawe menuju Bener Meriah. “Begitu dapat kabar soal penahanan itu, saya cek kembali kebenarannya untuk memastikan apakah benar kabar tersebut,” ujar Rusli.

Ia juga memastikan bahwa permasalahan yang menimpa Bupati Ruslan bukan ketika menjabat sebagai Bupati Bener Meriah, melainkan ketika menjabat sebagai Kepala Bada Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

“Jadi tidak ada kaitannya dengan Kabupaten Bener Meriah. Apalagi, kasus tersebut terjadi di tahun 2011, sedangkan kami maju menjadi pasangan bupati/wakil bupati di tahun 2012,” jelasnya.

Bupati Ruslan Abdul Gani, resmi ditahan setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan (KPK), Rabu (16/3). Ruslan adalah tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Dermaga Sabang Badan Pengusahaan Kawasan Sabang tahun 2011.

Ruslan diduga melakukan tindak pidana korupsi saat masih menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang. Penyidik KPK menduga ada penggelembungan anggaran (markup) dalam proyek tersebut. Ruslan diduga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 116 miliar.

Dalam kasus ini, Ruslan disangka dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo 65 ayat 1 KUHP.

Kasus ini sebelumnya menjerat Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) 2006-2010 T Syaiful Achmad, Ramadhani selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang pada BPKS, dan Heru Sulaksono selaku Kepala PT NK Cabang Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam merangkap kuasa Nindya Sejati Joint Operation.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Masyarakat Gayo di Jakarta, Drs H Hasan Daling, mengharapkan Bupati Ruslan bisa tabah dan kuat menghadapi cobaan tersebut. “Kita mengharapkan beliau tetap tabah dalam menghadapi kasus hukum ini,” kata Hasan Daling di Jakarta, Rabu (16/3) malam.

Harapan serupa disampaikan tokoh Gayo lainnya, Alwin Desry SH. Menurutnya, biarkan proses hukum yang menangani kasus Bupati Ruslan.

“Kita mendengar dan membaca banyak tanggapan dan komentar sehubungan dengan penahanan Bupati Ruslan. Seolah-olah persoalan ini terjadi pada saat menjabat bupati. Padahal kan ini ketika yang bersangkutan sebagai Kepala BPKS,” kata Alwin.

Ia setuju kasus korupsi harus ditangani secara tuntas tanpa pandang bulu. “Karena itu semua kita serahkan kepada jalur hukum,” lanjut Alwin.

Wakil Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh, juga mengharapkan masyarakat Bener Meriah agar selalu mendoakan Bupati Ruslan agar tabah dalam menghadapi permasalahan tersebut.

“Saya minta agar masyarakat Bener Meriah selalu berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kemudahannya kepada bupati dalam menghadapi cobaan ini,” demikian Rusli M Saleh.(fik/my) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id