Pelaku Usaha Ikrarkan Komitmen Peduli Bencana | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pelaku Usaha Ikrarkan Komitmen Peduli Bencana

Pelaku Usaha Ikrarkan Komitmen Peduli Bencana
Foto Pelaku Usaha Ikrarkan Komitmen Peduli Bencana

BANDA ACEH – Puluhan pelaku usaha yang ikut Workshop Sinergitas Dunia Usaha dalam Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh difasilitasi IOM DRR Aceh berkomitmen tetap peduli bencana baik pada fase sebelum, saat, dan pasca.

Workshop Sinergitas Dunia Usaha dalam Penanggulangan Bencana berlangsung di Hotel The Pade, Aceh Besar dibuka Kalak BPBA, Ir Yusmadi MM dihadiri Pimpinan IOM Indonesia, Celia Finch dan Koordinator IOM DRR Aceh, M Madya Akbar.

“Ada 50 pelaku usaha yang ikut kegiatan ini. Melalui workshop ini kita diskusikan bagaimana mencari format sinergitas yang tepat sekaligus bisa menjawab target dunia usaha,” kata Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin dalam laporannya.

Kalak BPBA, Yusmadi mengapresiasi IOM dan Forum PRB Aceh yang menurutnya sudah melakukan langkah penting untuk penguatan koordinasi dan membangun komitmen bersama agar penyelenggaraan penangguoangan bencana di Aceh lebih sinergis, terkoordinir, dan terencana.

Seusai pembukaan oleh Kalak BPBA dilanjutkan diskusi panel dimoderatori Ir TM Zulfikar MP menampilkan pemateri pertama Kalak BPBD Pidie Jaya, M Nasir SPd mewakili Ketua Satgas Tanggap Darurat Gempa Pijay. Nasir menceritakan bagaimana peran dunia usaha dalam masa-masa tanggap darurat termasuk rehab rekons Pijay. “Pelaku usaha sangat banyak membantu,” kata Kalak BPBD Pijay.

Narasumber berikutnya, Mukhsin Syafi’i M.Si, Kasi Kesiapsiagaan BPBA memaparkan tentang peran lembaga usaha dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Juga tampil Ketua Forum CSR Aceh, Ansyari dari Bank BTN mengulas peran dan komitmen forum yang baru terbentuk itu dalam penanggulangan bencana. Sedangkan pada penutup sesi pertama, tampil Redpel Harian Serambi Indonesia Yarmen Dinamika menceritakan peran media dalam menyajikan laporan bencana termasuk menggalang dana kemanusiaan.

Pada sesi diskusi kelompok pelaku usaha yang dipandu Dr Muslem Daud MEd (Wakil Ketua Forum PRB Aceh) mencuat berbagai cerita unik dan pengalaman berharga saat mereka terlibat dalam proses bantuan tanggap darurat maupun rehab rekons di berbagai zona bencana.

Dalam diskusi itu juga didata berbagai potensi dan program dari masing-masing pelaku usaha termasuk peluang kerja sama dengan Forum PRB Aceh dalam hal pengurangan risiko bencana.

“Intinya, meski belum secara tertulis tetapi pelaku usaha berkomitmen untuk tetap terlibat dalam penanggulangan bencana, baik pada fase pra, saat, dan pasca sesuai dengan kapasitas mereka. Pertemuan tidak berhenti sampai di sini, akan ada diskusi-diskusi lanjutan dalam semangat sinergitas,” kata Muslem Daud didampingi Ketua Pelaksana, M Dedy Jumady. (sal) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id