Guru Aceh Naik 9 Peringkat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Guru Aceh Naik 9 Peringkat

Guru Aceh Naik 9 Peringkat
Foto Guru Aceh Naik 9 Peringkat

* Menjadi Rangking 23 Nasional

BANDA ACEH – Hasil uji kompetensi guru-guru Aceh di tingkat nasional yang dilakukan baru-baru ini, menoreh hasil menggembirakan. Prestasi mutu guru SMA/SMK di Aceh naik sembilan peringkat dari 32 menjadi peringkat 23 nasional, dengan nilai rata-rata 60,45. Sementara nilai rata-rata nasional 63,79.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Laisani kepada Serambi, Selasa (18/7) malam mengatakan, meningkatnya peringkat mutu guru SMA/SMK di Aceh, salah satunya karena semakin banyak guru SMA/SMK yang bersertifikasi.

Menurut catatan Disdik, jumlah guru yang bersertifikat dan sampai kini aktif menerima dana profesi (dana sertifikasi) 7.172 orang. Mereka tersebar di berbagai SMA/SMK di 23 kabupaten/kota. Saat ini, para guru sertifikasi terus meningkatkan jumlah jam mengajar minimal 24 jam per minggu.

Meningkatkan jumlah jam mengajar bukan hanya untuk memenuhi kuota mengajar agar terus mendapatkan dana sertifikasi, tapi lebih dari itu, mereka terus mengasah kemampuan agar bisa tampil prima di hadapan siswa.

Sebab jika guru yang telah bersertifikasi tidak bisa tampil prima dan menarik serta menyenangkan dalam proses belajar mengajar, para siswa akan cepat bosan dan jenuh. Dan ke depan, jumlah jam mengajar guru yang bersangkutan bisa menurun.

Untuk mengasah kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, Disdik Aceh memiliki sembilan Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) di Aceh. PPMG itu fungsinya sebagai tempat para guru belajar bersama, berkreasi dan berinovasi dalam rangka peningkatan kemampuan atau kempetensi/mutu guru.

Laisani menambahkan, tahun ini, untuk peningkatan mutu guru, sembilan UPTD PPMG Disdik Aceh akan dimaksimalkan kegiatannya, dengan cara membuat berbagai program pelatihan kepada para guru bidang studi tertentu, seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS dan lainnya.

PPMG akan memotivasi guru-guru untuk terus meningkatkan kemampuan mengajar, melalui belajar berkelompok dalam membahas berbagai perkembangan ilmu yang terjadi dalam bidang studi masing-masing.

Tujuannya, agar siswa senang saat belajar. Jika siswa senang dengan sistem dan metoda belajar mengajar yang dilakukan guru, daya tangkap siswa akan meningkat, dan hasil yang diperoleh mutu lulusan SMA/SMK Aceh akan naik dan mampu loloske berbagai perguruan tinggi terkenal di Indonesia.(her) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id