SKPA, Akademisi, dan LSM Ikut Rakor Ranham | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

SKPA, Akademisi, dan LSM Ikut Rakor Ranham

Foto SKPA, Akademisi, dan LSM Ikut Rakor Ranham

BANDA ACEH – Sebanyak 30 orang dari unsur Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), akademisi, dan LSM mengikuti rapat koordinasi (Rakor) monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana aksi nasional hak asasi manusia (Ranham) di Aceh. Rakor diadakan panitia ranham ini berlangsung di aula Kanwil Kemenkumham Aceh, Banda Aceh, Kamis (17/3).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Aceh, Suwandi MH dalam sambutannya dibacakan Kepala Divisi Administrasi, Zulkifli MH antara lain mengatakan Pemerintah sudah mencanangkan ranham yang merupakan tuntutan internasional sebagai amanat deklarasi Wina tahun 1993, yaitu negara-negara anggota PBB harus membuat action plan HAM.

Zulkifli juga membacakan tujuh poin tujuan ranham, antara lain untuk memberikan arah bagi pemerintah, LSM, kelompok profesional, pendidik, advokat, kalangan media, akademisi, dan kalangan masyarakat madani lainnya sesuai tugas masing-masing untuk menjamin persoalan HAM menjadi tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan secara bersama.

“Memperkuat institusi nasional dan institusi daerah terkait penanganan persoalan-persoalan HAM. Mendorong peran pemerintah dalam melakukan harmonisasi dan penyesuaian dengan standar internasional,” baca Zulkifli.

Adapun nara sumber dalam rakor ini adalah Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Aceh, Bunyamin MH dan Kasubbag Pergub dan Kajian Perpu Biro Hukum Setda Aceh, Dr Sulaiman SH Mhum. Acara ini dipandu moderator Irfan MH yang juga ketua pelaksana rakor. (sal/rel) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id