Unsyiah Buka Klinik Kesehatan di Leupung | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Unsyiah Buka Klinik Kesehatan di Leupung

Foto Unsyiah Buka Klinik Kesehatan di Leupung

BANDA ACEH – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Kamis (17/3) membuka Klinik Kesehatan ‘Family Medicine’ di Kecamatan Leupung, Aceh Besar. Klinik itu diresmikan Wakil Rektor IV Unsyiah, Dr Nazamuddin SE MA.

Nazamuddin dalam sambutannya mengatakan, kehadiran klinik itu diharapkan bisa memberi dampak positif bagi masyarakat Leupung, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan. Karena itu, ia berharap klinik tersebut bisa terus aktif dengan dokter yang berkunjung secara reguler.

“Awalnya klinik ini adalah bantuan Kerajaan Arab Saudi setelah tsunami tahun 2004. Namun, saat tim Arab Saudi mengunjungi Aceh beberapa waktu lalu melihat klinik tersebut tak aktif lagi, mereka meminta Unsyiah untuk mengfungsikan kembali sarana kesehatan tersebut,” ujarnya. Nazamuddin berharap dokter muda dari FK Unsyiah yang bertugas nanti harus memberi pelayanan maksimal sehingga klinik itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Leupung.

Pembantu Dekan IV FK Unsyiah, Dr Mudatsir menambahkan, pendirian klinik ini merupakan bagian dari family medicine yang ada di fakultas itu. Koordinator Family Madicine FK Unsyiah, Dr Hendra menjelaskan, selain mendirikan klinik, pihaknya juga memberi serangkaian pelayanan kesehatan gratis kepada warga Leupung. Seperti pemeriksaan gigi dan mata yang diikuti 70-an pasien, penyuluhan hidup bersih dan sehat, kesehatan reproduksi, serta lomba untuk anak-anak.

Untuk menyukseskan rangkaian kegiatan itu, sebut Hendra, pihaknya membawa 35 dokter muda, 10 dokter umum, dan tiga dokter spesialis yang ada di FK Unsyiah. “Selain wujud pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini juga sebagai sarana pembelajaran bagi dokter muda FK Unsyiah,” ungkapnya.

Kehadiran klinik itu disambut baik masyarakat Leupung. Camat Leupung, Drs Thabran Adjad mengatakan, Puskemas setempat yang berada di pinggiran kecamatan terbilang jauh dari jalan raya. Sehingga, masyarakat sulit mengaksesnya. “Karena itu, kehadiran klinik ini kita harapkan dapat mendukung pelayanan Puskesmas di Leupung. Kedua sarana kesehatan ini dapat saling mendukung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” pungkas Camat.(jal) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id